SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Monday 5 October 2015

On 16:13 by Unknown in
SOCIALIZE IT →
Ciri-ciri Fisik Imam Mahdi
Imam Mahdi
Bagaimana cara menjelaskan siapakah sebenarnya Imam Mahdi? Marilah kita merujuk pada kitab-kitab para ulama Islam yang mu’tabar dan diakui kesahihannya. Diantara kitab-kitab tersebut ialah Al-Hawi Lii Fatawa karangan Imam As-Suyuti Mukhtasar Fil Mahdi Al-Muntadzar dan As-Sawaiqul Mukhriqat karangan Ibnu Hajjar Al-Haitami, At-Tawadhihu Fil Tawaturi Ma Jaa Fil Muntadziri Waddajal Wal Masihi karangan Al-Allamah As-Syunkani, Ibrazul Wahmil Maknun Min Kalam Ibni Khaldun Karangan Al-Muhaddist Sayid Ahmad Siddiq Al-Ghumari dan Banyak lagi kitab-kitab lainya yang menerangkan secara jelas tanda-tanda dan sifat-sifat Al-Mahdi sebagaimana yang disebutkan oleh hadis-hadis Rosullullah SAW.


1. Nasab Imam Mahdi
Dari 40 hadis yang dipaparkan dalam penulisan yang lepas, jelas dan nyata nasab keturunan Imam Mahdi Al-Muntazar adalah keturunan Rosullullah SAW dari jaluran Saiyatidatina Fatimah Binti Rosullullah SAW. Perkara ini banyak diperbincangkan oleh Imam Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitabnya Al-Qawl Al-Mukhtasar fi Alamatil Mahdi Al-Muntazar dan juga Imam As Suyuthi dalam kitabnya Al Haw Lil Fatawi.

2. Nama Imam Mahdi
Berdasarkan Hadis Rosullullah SAW. Nama Imam Mahdi sama dengan nama Rosullullah SAW, dan nama ayahnya juga menyamai nama ayahnya Rosullullah SAW, arti kata lain namanya adalah Muhammad Bin Abdullah. Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitabnya bertajuk An Nihayah Fil Malahim Wal Fitan jilid satu muka surat 1, mengatakan: “Dia adalah Muhammad Bin Abdillah Al-‘Alawi (keturunan Ali) Al-Fathimi (keturunan Fatimah) Al-Hasani (keturunan Hasan) Allah SWT memperbaikinya dalam suatu malam yakni dengan memberinya taubat, taufik, memberinya pemahaman serta bimbingan padahal sebelumnya tidak seperti itu.”

3. Rupa Fazikal Imam Mahdi
Dari 40 Hadis Rosullullah SAW yang dipaparkan penulis terdahulu, berpandukan dua buah kitab Al-Hawi Lil Fatawi oleh Imam Al-Suyuti dan kitab Al-Qawl Mukhtasar Fi Alamat Al-Mahdi Al-Muntazar oleh Imam Ibnu Hajar Al-Haitami, rupa fizikal Imam Mahdi adalah seperti berikut:
a. Kulit dan bentuk tubuh seperti orang arab
b. Dipipi kanannya ada tahi lalat
c. Giginya berjarak
d. Dahinya lebar
e. Hidungnya mancung

Berdasarkan hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim, Abu Daud dan Al-Hakim)
Ada tanda kenabian yang tersembul keluar, sebesar telur burung merpati, berwarna hitam dan jelas ditengah-tengah antara dua belikatnya.

f. Usianya 40 tahun
g. Kulitnya kemerah-merahan, seolah-olah keturunan Bani Israil
h. Wajahnya bagai bintang yang bergemerlapan

“kulit Al-Mahdi adalah seperti kulit orang arab, bentuk tubuhnya adalah seperti bentuk tubuh Bani Israil, pipi kanannya terdapat tahi lalat dan kekhalifahannya diridhai oleh penduduk bumi, penduduk langit dan burung-burung di angkasa.” (Abu Nuaim dan At Tabrani)

“Sungguh Allah Akan Melahirkan seorang lelaki dari keturunanku, yang (antara sifat utamanya ialah) giginya mempunyai jarak, dahinya lebar, keadilanya sangat meliputi seluruh alam…” (Abu Nuaim)

“Al-Mahdi adalah daru keturunanku, dahinya luas, hidungnya mancung. Dia memenuhkan bumi dengan keadilan…” (Abu Daud dan Al-Hakim)

i. Keningnya nipis dan terpisah antara duanya
j. Matanya besar (bulat)
k. Matanya bercelak
l. Pahanya renggang

Beliau adalah seorang yang sukar berkata-kata, dan apabila ingin berkata-kata beliau akan menepuk paha kirinya dengan tangan kanannya.

m. Dia membawa keadilan, kemakmuran dan keseksamaan
n. Wajahnya tampan bagai wajah yang bersinar


Begitulah antara sifat-sifat yang disebutkan dalam hadis Rosullullah SAW. Seandainya seseorang mengaku dan mendakwakan dirinya Imam Mahdi, maka bandingkanlah apa yang disabdakan Rosullullah SAW. Andainya selaras dan sejalan dengan hadis, baginda Rosullullah SAW, tidak mustahil bahwa dia adalah Imam Mahdi. 
TETAPI, andainya bersalahan dan bertentangan dengan apa yang disebut didalam hadis, maka janganlah kita tergolong dalam golongan ahli bid’ah yang coba melahirkan “Imam Mahdi” versi kemauan sendiri, karena sesungguhnya setiap yang bertentangan dan berlawanan dengan hadis Rosullullah SAW tidak menjamin secuilpun kebenaran. Semoga pemapara mengenai ciri-ciri Fisik Imam Mahdi ini bisa bermanfaat. terimakasih