SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Thursday 10 September 2015

On 05:34 by Unknown in
SOCIALIZE IT →



Tanda Kedatangan Imam Mahdi

Ilustrasi Imam Al-Mahdi
Sahabat, para ulama membagi tanda-tanda kiamat menjadi dua, yakitu tanda kiamat kecil dan tanda kiamat besar. Tnda kiamat kecil jumlahnya sangat banyak dan datang terlebih dahulu, sedangkan tanda kiamat besar datang kemudian yang jumlahnya ada sepuluh. Banyak pendapat para ulama yang mengatakan bahwa kondisi dunia saat ini berada diambang datangnya tanda kiamat besar. Dengan banyaknya tanda-tanda kiamat kecil yang bermunculan seperti yang dikatakan oleh nabi SAW bahwa dimana tanda-tanda kiamat kecil sudah muncul semua dijaman sekarang sedangkan tnda kedatang kiamat besar hanya masalah waktu saja.


Dan tanda kiamat besar yang akan datang pertama kali adalah keluarga dazjal. Sahabat sebagian ulama berpendapat bahwa sebelum munculnya dazjal  , maka akan muncul terlebih dahulu penghubung antara tanda-tanda kiamat kecil dengan kiamat besar. Penghubung yang dimaksud adalah diutusnya IMAM AL-MAHDI. Lantas bagaimanakah tanda-tanda kedatangan Imam Mahdi kedunia? Berikut akan kami paparkan penjelasannya.

Sahabat, Imam Mahdi yang bernama lengkap Imam Bin Hasan Al mahdi Almuntazar as, beliau adalah Imam yang hidup dijaman khalifah yang ke duabelas. Imam Al-Mahdi dilahirkan dikota samara, beliau dilahirkan tepat pada permulaan bulan sya’ban tahun 255 H, dimana pada waktu itu langit dan bumi kembali cerah dan damai atas kelahirannya. Ketika dilahirkan beliau dalam keadaan sujut kepada Allah SWT. Ayah beliau yang bernama Imam Hasan Al Asqari as dan ibunya bernama Narqis binti Narsyuap binti Qisra raja Romawi dan beliau masih ketirunan Hawaliun, silsilah dari Sya’mun nabi Isa as.



Dalam sebuah hadis Rosullullah SAW mengisaratkan bahwa Imam Al-Mahdi pasti datang diahir jaman, ia akan menuntun umat islam keluar dari kegelapan dan kezoliman untuk menuju cahaya keadilan dan kejujuran, Imam Al-Mahdi juga akan menghantarkan kita kepada kekhalifahan islam mengikuti mnhazt atau metode kenabiannya.


Imam Al Mahdi diizinkan oleh Allah SWT untuk merubah keadaan dunia yang penuh dengan kezoliman dan penganiayaan, menjadi penuh kejujuran dan keadilan serta mengantarkan umat islam menuju Babakhilafatun Alamizhad Annubuah melalui jalan yang telah ditempuh oleh Rosullullah SAW dan para sahabatnya yaitu melalui al jihad fisabilillah.

Beliau juga akan berperang sebagai panglima perang umat islam diahir jaman nanti serta mengajak seluruh umat islam untuk memerangi para penguasa diktator. Allah SWT selalu mengizinkan Imam Al-mahdi untuk menang dalam berbagai perang yang dipimpinnya, maka tidak heran jika ahirnya ia akan memimpin dengan pola kepemimpinan beridiologi kepemimpinan tauhid agar manusia hanya menyembah kepada Allah SWT semata.


Lalu bagaimana dengan tanda-tanda kedatangan Imam Al-Mahdi? Daam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW memberikan gambaran indikasi kedatangan Imam Al Mahdi. Ia akan diutus kemuka bumi bila mana perselisihan antara manusia telah bergezolak hebat, banyak terjadi gempa-gempa yang dahsyat. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa ada beberapa tanda-tanda kedatangan Imam Al Mahdi.


1. Keringnya sungai Evrad, yang mana dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim bahwa gunung emas akan muncul dari kekeringan atau mengeringnya sungai Evrad, maka manusia akan saling bunuh membunuh diatasnya, maka peristiwa ini wajar terjadi pada saat kemunculan Imam Mahdi sebagai mana yang telah dikatakan Al Hafisd Ibnu Hajar dan ini merupakan penyebab kenapa Imam Bukhari memasukan hadis ini dalam ktabnya, pada bagian Khuruzunar atau keluarnya api.


Ilustrasi Bintang Berekor
2. Munculnya bintang berekor, Al Barzanji menyebutkan bahwa yanda-tanda yang paling dekat dengan kemunculan Imam Al Mahdi adalah terbitnya bintang berekor yang bercahaya. Dalam sebuat riwayat yang sahih sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam tapsirnya dari Ibnu Abbas, bahwa Ibnu Jaril meriwayatkan dari Abdullah bin Abu Malikah yang dimana ia berkata: “Pada suatu pagi saya pergi kepada Ibnu Abbas, lalu ia berkata: ‘semalam aku tidak bisa tidur sampai pagi’. Aku bertanya: ‘apakah sebabnya?’ beliau menjawab: ‘karena orang-orang berkata bahwa bintang berekor telah terbit, oleh karenanya aku merasa cemas akan kedatangan asap yang mengetuk pintu hingga aku tidak bisa tidur sampai pagi’.”


Bumi akan dipenuhi dengan kezoliman dan kegelapan, dan mengenai hal ini Nabi SAW bersabda yang artiny: “Al-mahdi itu dari keturunanku, lebar dahinya dan mancung hidungnya. Ia memenuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan kezaliman dan penganiayaan. Ia berkuasa selama tujuh tahun.(HR. Abu Daud dihasankan oleh Syaikh Al-Bani)
Dalam sabda dijelaskan bahwa Imam Mahdi akan datang untuk memberantas semua kegelapan dan kezoliman yang terjadi, Imam Mahdi juga akan berkuasa selama tujuh tahun.


3. Tiga putra raja arap akan saling berperang, dan mengenai hal ini Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Akan berperang tiga orang disisi perbendaharaanmu (ka’bah). Mereka semua adalah putra khalifah. Tetapi tidak seorangpun diantara mereka yang berhasil menguasainya. Kemudian munculah bendera-bendera hitam dari timur, kemudian beliau SAW menyebutkan sesuatu yang aku tidak hafal lalu bersabda: ‘Maka jika kamu melihatnya berbai’atlah walaupun dengan merangkak diatas salju, karena dia adalah khalifah Allah.’


4. Akan terjadinya musim paceklik yang hebat sebelum datangnya Imam Mahdi, dan mengenai hal ini Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Sesungguhnya sebelum datangnya dazjal adalah tempo waktu tiga tahun yang sangat sulit, dimana pada waktu itu manusia akan ditimpa kelaparan yang sangat, Allah memerintahkan kepada langit pada tahun pertama darinya untuk menahan 1/3 dari hujan dan memerintahkan kepada bumi untuk menahan 1/3 dari tanaman. Kemudian Allah memerintahkan kepada langit pada tahun kedua darinya agar menahan 2/3 dari hujannya, dan memerintahkan bumi untuk menahan 2/3 dari tanamannya. Kemudian pada tahun ketiga darinya Allah memerintahkan kepada langit untuk menahan semua dari hujannya, lalu ia tidak meneteskan setitik air pun, dan memerintahkan kepada bumi agar menahan seluruh tanamannya, maka setelah itu tidak tumbuh satu tanaman hijau pun dan semua binatang berkuku akan mati, kecuali yang dikehendaki Allah. Para sahabat bertanya dengan apa manusia akan hidup pada hari itu? Beliau menjawab: “tahlil,takbir,tasbuh dan tahmid akan sama bagi mereka dengan makana.” (HR. Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, dan Al-Hakom sahih. Silahkan anda lihat dikitab Ash-shahihah nomor 2457)


Sahabatku, dijaman Imam Al-Mahdi nanti akan banyaknya mengalir kenikmatan dan kebahagian yang dimana beliau akan melimpahkan semua hartanya untuk umat islam. semoga dengan membaca artikel terkait dengan tanda kedatangan Imam Al-Mahdi ini bisa menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Karena artikel ini semata-mata hanyalah perantara da’wah untuk saling mengingatkan, agar kita selalu ingat kepada Allah SWT. terimakasih