SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Tuesday 9 June 2015

On 00:31 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

ALAM  BARZAH adalah alam kubur yang membatasi antara dunia dan ahirat. Alam barzah menjadi salah satu tempat persinggahan mahluk sampai dibangkitkanya pada hari kiamat.
Secara harfiah barzah artinya jarak waktu atau penghalang.

ILUSTRASI ALAM BARZAH
Setiap orang yang mati akan bersinggah di alam barzah, alam yang membatasi antara alam dunia dan alam ahirat. Seperti apakah alam barzah itu? 
Hanya Allah yang tau namun Allah SWT menggambarkan dalam firmannya yang artinya: “dihadapan mereka ada dinding, sampai hari mereka dibangkitkan, ia menjawab itu adalah alam antara kematian dan dibangkitkannya kembali” (QS. Al-Mu’minun : 100).


Rosullullah SAW selalu mengingatkan kepada para sahabatnya tentang perkara gaib yang tidak diketahui kapan terjadinya. Ada lima perkara gaib yang tidak diketahui kapan terjadinya:

  • Kiamat
  • Hujan
  • Apa yang terjadi dirahim
  • Apa yang terjadi esok hari
  • Kematian


Kematian adalah salah satu perkara gaib yang tidak diketahui kapan terjadinya, tetapi kematian pasti akan datang dan tidak ada yang mampu untuk menundanya. Kematian akan datang kepada semua mahluk yang bernyawa, hal ini sudah mutlak dan merupakan ketentuan Allah SWT. Sebagai mana firman Allah yang artinya: “setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati,..” (QS. Al-anbiya:35).
Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematianya dan nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur,maka Dia Tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh pada yang demikian iyu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi orang-orang yang berfikir” (QS. Az-Zumar:42)

Orang-orang yang mati itu rohnya di tahan Allah sehingga tidak akan kembali lagi kedalam tubuhnya, dan orang-orang yang tidak mati hanya tidur saja rohnya dilepaskan sehingga dapat kembali kepadanya lagi. Setelah kematian manusia akan ditempatkan dialam barzah sampai hari diman malaikat isrofil diperinttahkan Allah untuk meniup sangkakala yang kedua atau hari dibangkitkanya kembali seluruh mahluk.

Didalam alam barzah sang mayat akan bertemu dengan malaikat mungkar dan nakir. Sebagian ulama berpendapat jika mayat adalah seorang mu’min maka yang datang adalah malaikat yang bernama Mubahsyar dan Bahsyir. Pada alam barzah ini manusia akan mengetahui bagai mana nasibnya dihari ahir, apakah akan menjadi penghuni surga atau penghuni neraka. Jika dia penghuni surga, pintu surga sudah dibukakan dan hawa surga akan dirasakan setiap pagi dan sore. Sebaliknya jika dia penghuni neraka, pintu neraka sudah dibukakan dan dia akan merasakan hawa panas neraka setiap pagi dan sore. 

Dalam hadis yang panjang yang dieiwayatkan oleh Imam Ahmad al-bara bin Azib “orang mu’min saat meningggal disambut ceria oleh malaikat dengan membawa kain kafan dari surga, kemudian datanglah malaikat maut duduk diatas kepalanya dan memerintahkan ruh  yang baik untuk keluar dari jasadnya. Lalu disambut malaikat dan ditempatkan dikain kafan surga dan diangkat kelangit, penduduk langit para malaikat menyambutnya sampai dilangit terahir bertemu Allah kemudian Allah memerintahkan kepada malaikat untuk mencatat kitab hambanya pada kitab iliyin dan dikembalikan ruhnya di alam barzah. Setelah dikembalikan kembali ruh itu ke jasadnya datanglah dua malaikat Munkar dan Nakir yang akan bertanya kepada sang mayat: siapakah tuhanmu? Apa agamamu? Siapa lelaki yang di utus kepadamu? Siapa yang mengajarimu? Orang yang beriman akan bisa menjawab dengan baik kelima pertanyaan dari malaikat ini, kemudian mendapat kenikmatan di alam kubur dengan dibukakan pintu surga  baginya, dilapangkan alam kuburnya, sang mayat akan mendapat teman yang baik, wajah yang baik, pakaian yang baik dengan aroma yang baik. Keadaan ini berbeda dengan keadaan orang yang tidak beriman, ia akan merasakan pedihnya  alam kubur.

Sebelum memasuki alam barzah, terlebih dulu manusia akan mengalami kematian saat nyawa terpisah dari raga, detik-detik inilah yang sangat menegagkan dan menyakitkan yang disebut sakarotul maut. Kedatangan sakarotul maut adalah sesuatu yang pasti terjadi. Dalam surat Al-Qiamah Allah berfirman yang artinya: “sekali-kali jangan, apabila nafas seseorang telah mendesah sampai kerongkongan dan dikatakan kepadanya “siapakah yang dapat menyembuhkannya dan dia yakin bahwa yang sesungguhnya itulah waktu perpisahan(dengan dunia) dan bertaut betis (kiri) dengan betis (kanan) kepada tuhan-Mulah pada hari itu kamu dihalau” (QS. Al-Qiyamah : 26-30).  

Kematian adalah kengerian yang paling dahsyat didunia dan ahirat bagi orang yang beriman, dan lebih menyakikan dari goresan pedang dan panasnya air yang mendidih. Seandainya ada mayat yang dibangkitkan dari kubur dan menceritakan kepada penduduk dunia tentang kematian niscahya penduduk dunia tidak akan nyaman dengan kehidupanya dan tidak nyenyak dalam tidurnya. subhannalah.

demikian tentang alam barzah semoga bermanfaat.