SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Sunday 14 June 2015

On 07:16 by Unknown in
SOCIALIZE IT →


ILUSTRASI IBLIS
DEFINIDSI IBLIS
IBLIS adalah maluk ciptaan Allah SWT yang menjadi musuh abadi dan  nyata bagi manusia.

Iblis diciptakan dari nyala api, sebagaimana sabda rosullullah SAW “malaikat diciptakan dari cahaya, iblis diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah ada pada diri kalian” (HR. Muslim).


Ada sebagian ulama yang berpendapat iblis walalnya termasuk dari golongan malaikat yang paling mulia, namun ia dikutuk Allah karena menolak bersujud kepada Adam sebagaimana firman Allah “dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada malaikat: “sujudlah kalian kepada Adam” , maka sujudlah mereka kecuali iblis: ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (QS. Al-Baqarah:34). 


Ayat ini menjadi perdebatan dikalangan ulama, benarkah iblis termasuk golongan malaikat? Hanya Allah yang tau. Dan maha suci Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Ayat ini menjadi perdebatan dikalangan ulama benarkah iblis termasuk golongan malaikat Allah. Sebagian ulama mengatakan pengecualian yang disebutkan pada ayat itu terputus, dan antara iblis dan malaikat berbeda jenisnya. Menurut ibnu daimiyah dalam mazmu al fakawa “setan sebelumnya bagian dari malaikat dilihat dari sisi bentuknya namun dilihat dari segi asli dan kesamaan tidaklah sama” sedangkan menurut Al hasan Albasri “iblis bukanlah malaikat sama sekali” sebagaimana sabda Rosullullah SAW “malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api. Adam diciptakan dari apa yang telah ada pada kalian” (HR. Muslim).

Sejarah dikeluarkanya Adam dan Hawa dari surga karena bujuk rayu IBLIS
Ketika IBLIS diusir oleh Allah, karena pembangkanganya tidak mau bersujud kepada Adam alaihisalam, maka iblis mulai melancarkan siasatnya untuk menggoda Adam dan Hawa. Iblis tidak pernah menyatakan sebagai musuh bagi Adam apalagi mengobarkan permusuhan. Sebalinya untuk meraih kepercayaan Adam dan Hawa, iblis menyatakan dirinya sebagai kawan yang ingin memberinya nasehat, pertunjuk demi kebaikan dan kebahagiaan mereka.

“wahai adam maukah ku tunjukan pohon kekekalan dan kerajaan yang tidak binasa kepadamu?  Iblis mulai membisiki keduanya bahwa larangan Allah untuk mendekati sebuah pohon dan memakan buahnya karena buahnya itu akan membuatnya hidup kekal sebagai malaikat. Adam dan Hawapun ahirnya terbujuk rayuan iblis. 

Kisah ini diabadikan dalam surat toha ayat 120 dan Al-a’raf ayat 20-23.  Inilah talbis/tipu daya iblis, adam dan hawa sejatinya tidak ingin melanggar larangan itu, tapi iblis telah membohonginya dan meperdayanya dengan menamai pohon itu sazarotul qoldi atau pohon kekekalan.

Setelah Adam dan hawa dikeluarkan dari surga dan diturunkan kebumi, Allah tidak membiarkan keduanya kembali digoda iblis tanpa dibekali petunjuk dan panduan hidup. Namun iblis dan keturunanya tidak akan berdiam diri membiarkan anak keturunan Adam terbebas dari godaanya. Seperti yang dijelaskan dalam Al-quran “kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka, dan engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur” (QS. Al A’raf :17).

demikianlah penjelasan mengenai iblis, mudah-mudahan bisa bermanfaat