SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Monday 8 June 2015

On 06:36 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

KIAMAT adalah kebangkitan, yaumil qiyammah adalah hari kebangkitan seluruh mahluk yang pernah hidup didunia sejak nabi Adam sampai pada Nabi Muhammad SAW.

GAMBAR ILUSTRASI
Hari kiamat adalah hari dimana seluruh mahluk yang hidup didunia ini akan mati, gunung akan hancur, dunia ini akan musnah setelah Allah SWT memerintahkan malaikat Isrofil untuk meniup sangkakala. 


Kiamat dibedakan dalam dua bagian:

Kiamat sughra yang artinya kecil
Kiamat sughra adalah kiamat kecil yang terjadi disetiap sisi kehidupan di dunia ini.  contohnya adalah kematian,tsunami,gunung meletus dan masih banyak yang lainya.Semua manusia pasti akan merasakan kiamat sughra ini, yakni kematian. Karena kematian merupakan ahir dari kehidupan didunia ini dan merupakan awal dari kehidupan di ahirat. Terkecuali orang-orang yang belum merasakan mati namun hari kiamat yang sesungguhnya sudah tiba. Kematian adalah pintu utama menuju alam ahirat, menunggu datangnya hari kiamat maka manusia yang sudah mati akan ditempatkan didalam alam barzah/alam kubur. Di alam barzah umat manusia akan ditemani oleh amal perbuatannya selama hidup didunia. Jika amal perbuatan selama hidup didunia baik, maka dialam barzah akan merasakan kenikmatan tetapi jika amal perbuatan selama hidup didunia buruk maka ia akan menangis, menjerit kesakitan sampai-sampai terdengar oleh seluruh penghuni dunia kecuali jin dan manusia.

Kiamat qubhra yang artinya besar
Kiamat qubhra adalah kiamat yang belum pernah terjadai hingga saat ini, kiamat ini akan terjadi jika Allah SWT memerintahkan malaikat Isrofil untuk meniup sangkakala yang pertama. Jika hal ini terjadi maka kehidupan didunia ini akan berahir dan selanjutnya tinggal menunggu kehidupan yang selanjutnya, kehidupan dimana semua umat dari jaman nabi Adak hingga jaman nabi Muhammad SAW.
Bisa kita bayangkan betapa dahsyatnya hari kiamat itu, kiamat kecil yang sering terjadi disekeliling kita pun begitu dahsyat apa lagi kiamat besar yang meleburkan seluruh langit dan bumi ini. Kapan terjadinya kiamat yang amat dahsyat itu?
Tidak ada yang tau kapan terjadinya kiamat itu, malaikat yang merupakan mahluk yang muliapun tidak mengetahui kapan kiamat itu datang, bahkan Rosullullah SAW yang merupakan kekasih Allah pun tidak diberi tau. Rosullulah SAW hanya memberi tahu tanda-tanda dari kiamat itu. Hari kiamat akan datang pada hari jum’at. Sebagai mana sabda nabi Muhammad SAW yang artinya: “sesungguhnya sebaik-baik hari kalian adalah hari jum’at. Pada hari itu adam diciptakan dan di wafatkan. Pada hari itu juga sangkakala akan ditiup dan petir akan bergemuruh.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Tanda-tanda datangnya hari kiamat:
Dari Abdullah bi Amr, aku mendengar Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “sesungguhnya pertama-tama tanda hari kiamat yang keluar adalah terbitnya matahari dari sebelah barat dan keluarnya binatang kepada manusia pada waktu dhuha. Apapun juga dari keduanya yang lebih dulu dari yang lain, maka yang lain itu akan menyusul dalam waktu dekat.” (HR. Muslim)
Dari Abu Hurairah ra dari Rosullullah SAW, beliau bersabda: “bersegeralah beramal salih, (sebelum) enam perkara: terbinya matahari dari tempat tenggelamnya(barat) atau kabut atau dadjal atau binatang atau kematian atau hari kiamat” (HR.Muslim)

Diriwayatkan dari sahabat Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari ia berkata: “rosullullah SAW memperhatikan kami suwaktu kami sedang berbincang. Beliau bertanya, apa yang sedang kalian bincangkan? Mereka menjawab, kami sedang berbincangkan tentang hari kiamat. Beliau bersabda “sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sehingga kamu melihat 10 tanda: lalu beliau menyebut asap, dajjal, binatang, terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya(barat),turunnya nabi Isa ya’jud dan ma’jud, tiga longsor besar, longsor di timur, longsor di barat, longsor di semenanjung Arab. Yang terahir adalah keluarnya api yang keluar dari yaman yang akan menggiring manusia ketempat mahsyar mereka.” (HR.Muslim).

Dari ketiga hadis Rosullullah SAW ini sangatlah jelas bahwa hari kiamat akan datang yang akan diawali dengan tanda-tandanya terlebih dahulu, tanda-tanda datangnya hari kiamat seperti yang di jelaskan oleh Rosullullah SAW pada hadis diatas merupakan tanda-tanda besar datangnya hari kiamat. Kemudian seperti apa tanda-tanda kecil datangnya hari kiamat? 

Berikut adalah tanda-tanda kecil datangnya hari kiamat:

  • penaklukan baitulmaqdis
  • waktu berputar tersa begitu cepat
  • bulan sabit keliatan lebih besar
  • orang berpakaian tapi telanjang
  • budak melahirkan majikanya
  • ramai orang soleh meninggal dunia
  • menghias masjid dan membanggakannya
  • zina dimana-mana
  • orang hina mendapatkan kedudukan yang terhormat

Saudaraku yang seiman, sudahkah kita menyadari betapa dekatnya hari kiamat yang akan membinasakan kita ini, sudahkah kiat mempersiapkan bekal untuk menyambutnya? Melihat dijaman modrn yang hingar bingar ini yang semakin meluasnya ilmu teknologi yang memasukan banyak hal-hal yang negatif. Tentu kita harus membentengi diri dari semua itu. Dunia yang mulai tidak bersahabat dengan kita ini merupakan tanda bahwa tidak lama lagi Allah akan memerintahkan malaikat isrofil untuk meniup sangkakala yang akan meluluh lantahkan dunia ini. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan membuat kita sadar bahwa umur dunia ini sudah tua dan mendekati kehancuran.