SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Monday 27 July 2015

On 02:10 by Unknown in
SOCIALIZE IT →


 10 GANGGUAN SETAN KETIKA SOLAT

GANGGUAN SETAN KETIKA SOLAT ini merupakan sebuah fakta bawasannya setan akan senantiasa mengganggu dan menyesatkan manusia baik sedang solat maupun sedang mengerjakan ibadah yang lain. Sebagaimana firman Allah yang artinya:

“karena engkau telah menghukum aku tersesat, aku benar-benar (menghalangi-halangi) mereka dari jalan engkau yang lurus, kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur(taat).”(QS. Al-a’raf:16-17)

Seperti itulah janji setan atau iblis mencari cara untuk selalu menyesatkan manusia, dan jangan dikira setan menggoda manusia hanya karena urusan duniawinya saja, karena ternyata setan kerap sekali menggoda atau mengganggu manusia yang sedang beribadah kepada Allah SWT.
Saat beribadah setan masih bisa masuk merusak amal ibadah tersebut, setan melakukanya dari awal sebelum  ibadah dimulai dan dilanjutkan ketika ibadah sedang berlangsung atau setelah ibadah itu ditunaikan. Contohnya ketika kita solat setan senantiasa kerap membuat kita kehilangan konsentrasi agar pikiran kita tidak pokus dan menjadi tidak khusuk.
Gangguan setan ketika solat seperti apakah yang membuat ibadah kita tidak khusu dan selalu was-was.

10 gangguan setan ketika solat.
1. Was-was ketika membaca takbirotul-ihram
Ketika kita melaksanakan solat dan membaca takbirotul-ihram “Allohuakbar” kadang kala kita merasa ragu apakah takbir yang kita lakukan itu sah atau belum sah, sehingga kita mengulanginya lagi dengan membaca takbir. Perasaan itu akan terus muncul dan perasaan itu akan terus muncul kadang-kadang sampai imam hampir ruku. Maka dalam hal ini Ibnu Khoyim berkata bahwa yang termasuk tipu daya setan yang banyak mengganggu adalah was-was dalam bersuci atau berwudhu dan niat atau takbirotul-ihram dalam solat sehingga perasaan was-was itu akan membuat kita tersiksa.

2. Hadirnya pikiran yang memalingkan fokus
Abu Hurairah berkata: “Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Apabila dikumandangkan azan solat, setan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai dia tidak mendengar suara azan. Ketika muazin selesai azan, ia kembali lagi dan jika iqomat dikumandangkan dia berlari. Ketika selesai iqomat ia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang solat seraya berkata kepadanya; ‘ingatlah yang tadiny tidak kamu ingat...” (HR. Bukhari)

3. Tidak fokus ketika membaca bacaan dalam solat
Setan kerap sekali membuat kita tidak fokus dengan bacaan solat yang kita baca. Usman bia Abil Ash datang kepada Rosullullah dan megatakan: “Wahai Rosullullah, sesungguhnya setan hadir dalam solatku dan membuat bacaan solatku salah” kemudian Rosullullah SAW menjawab: “itulah setan yang disebut dengan jin” kemudian Rosullullah SAW bersabda: “Ketika kamu merasakan kehadiranya, ludahlah kekiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah. Aku pun melakukan hal itu dan Allah SWT menghilangkan ganguan itu dariku” (HR. Muslim)

4. Lupa jumlah rakaat solat yang dikerjakan
Setan membuat kita lupa berapa jumlah yang sudah kita kerjakan. Abu Hurairah ra berkata: bahwa Rosullullah SAW bersabda: “Jika dari seorang dari kalian solat, setan akan datang kepadanya untuk menggoda sampai mereka tidak tahu berapa rakaat yang dikerjakan. Apabila seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Melakukan perbuatan yang tidak perlu
Setan juga akan mengganggu kita saat solat membuat gerakan yang tidak perlu, seperti jaman dahulu. Dikisahkan pada jaman dahulu ada seorang sahabat yang bermain kerikil ketika sedang tasahut, kemudian ia membolak balikannya. Melihat hal itu Ibnu Umar segera menegurnya selepas solat soraya berkata: “Jangan bermain kerikil ketika solat karena perbuatan itu berasal dari setan, tapi kerjakanlah apa yang dikerjakan Rosullullah” orang itu kemudian bertanya: “apa yang dilakukan rosullullah?” “kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk yang mengarah kearah kiblat atau tempat sujud, demikianlah yang sala lihat yang dilakukan Rosullullah SAW” kata Ibnu Umar yang diriwayatkan dalam hadis Tirmidzi.

6. Melihat kekiri atau kekanan ketika solat
Sadar atau tidak ketika seseorang melihat kekiri atau kekanan padahal ia masih dalam melaksanakan solat, itu adalah akibat dari godaan setan. Karena itu setelah takbirotil-ihram pusatkan pandangan kita pada satu titik yaitu tempat sujud sehingga kita menjadi fokus dan perhatian kita tidak dicuri setan.
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Aisah ra ia berkata bahwa: “Saya bertanya kepada Rosull hukum melihat ketika solat?” Rosullullah menjawab: “itu adalah curian setan pada solat seorang hamba.” Diriwayatkan dalam hadis Bukhari.

7. Menguap dan mengantuk ketika solat
Setan mengganggu dengan membuat kita menguap dan mengantuk ketika solat. Rosullullah SAW bersabda: “Menguap ketika solat itu dari setan. Karena itu ketika kamu ingin menguap, tahanlah.” (HR. Thabrani)
Dan dalam riwayat lain Rosullullah SAW bersabda: “Adapun menguap itu datangnya dari setan, hendaklah seseorang mencegahnya (menahanya) selagi bisa ketika ia berkata ‘Haa..a’ berarti setan tertawa dalam mulutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Bersin berulangkali ketika solat
Bersin berulang kali ketika solat juga merupakan gangguan setan, setan ingin me ngganggu kehusuan solat dengan membuat kita bersin, seperti yang dikatakan Abdullah bin Mas’ud dalam hadis Riwayat Thabrani bahwa “menguap dan bersin itu datangnya dari setan” kemudian Ibnu Mas’ud berkata: “Bersin yang tidak disenangi Allah adalah bersin ketika solat tetapi bersin diluar solat itu tetap disenangi Allah hal itu tidak lain bahwa setan memang mengganggu solat seseorang dengan berbagai cara.

9. Terasa ingin buang angin atau bauang air
Setan juga terus mengganggu seseoranf yang sedang solat dengan membuat seseorang tersebut merasa ingin buang angin atau buang air. Rosullullah SAW bersabda: “Apabila seseorang dari kalian khawatir apa yang dirasakan diperutnya apakah keluar sesuatu darinya atau tidak, janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya.” (HR. Muslim)

10. Terburu-buru menyelesaikan solat
Setan akan mengganggu seseorang ketika solat dengan membuat seseorang terburu-buru menelesaikan solatnya, dalam hal ini Ibnu Qoyim brkata bahwa sesungguhnya terburu-buru itu datang dari setan karena tegesah-gesah adalah sifat gegabah yang menghalangi seseorang untuk berhati-hati, tenang dan santun. Dan hal ini pernah terjadi pada jaman Rosullullah, ada seseorang yang melakukan solatnyua dengan tergesa-gesa akhirnya Rosullullah SAW memintanya untuk mengulanginya karena solat yang ia kerjakan belum sah. Kemudian Rosull bersabda kepadanya: “Apabila kamu solat, bertakbirlah (Takbirotul-ihram). Lalu bacalah dari Al-qur’an yang mudah bagimu, lalu ruku’lah sampai kamu benar-benar ruku’ (tuma’ninah) lalu bangkitlah dari ruku’ sampai kamu tegak berdiri. Kemudian sujudlah sampai benar-benar sujud(tuma’ninah) dan lakukanlah hal itu dalam setiap rakaat solatmu.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Seperti itulah 10 gangguan setan ketika solat semua itu terjadi karena lemahnya ilmu dan iman kita, maka teruslah belajar dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan solat dan menyadari saat kita solat itulah saat berhadapan langsung dengan Allah SWT. Demikianlah yang bisa kami paparkan, semoga bermanfaat. amin