SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Thursday 2 July 2015

On 21:35 by Unknown in
SOCIALIZE IT →
NERAKA adalah tempat pembalasan bagi manusia yang durhaka dan pendosa neraka yang bahan bakarnya dari batu dan manusia, dan sungguh amat sangat malang nasip para penghuninya berharap dapat ditebus dengan keping emas sebesar gunung tapi semua itu tidak berguna. 

Panas nerka membakar kulit hingga ke ulu hati, didalamnya hanya terdapat pakaian dari bahan per yang amat panas sedangkan menu makanannya adalah buah zaqum yang bentuknya mirip dengan kepala iblis, dan jika buah ini jatuh kebumi maka niscaya hancurlah dunia dan seisinya, dan minumannya air mendidih yang akan melelehkan kerongkonannya, jurang-jurangnya dalam dan terjal sebuah batu yang diluncurkan baru akan sampai setelah 70 tahun kemudian, sungai-sungai-sungainya dari darah dan nanah yang mendidih, penghuninya dinaungi awan hitam yang panas dan hembusan angin sabung yang juga berhawa sangat panas.

Kaum suara neraka akan meraum geram pada para penghuninya merekan akan dibelenggu dengan rantai besi yang membara dipukul palu godam yang kekuatanya pukulanya dapat meluluh lantakkan gunung menjadi debu, wajah-wajah penghuni neraka diseret diatas bara api sedang tangan mereka dalam keadaan terikat. Itulah neraka yang disiapkan untuk jin dan manusia yang ingkar, sombong dan durhaka. Penghuninya terdiri dari pria dan wanita. Jika dalam sebuah hadis Rosullullah SAW pernah menyampaikan bahwa kebanyakan penghuninya adalah wanita.

Berdasarkan keterangan yang ditulis dalam kitab “As-Sab'iyatu Fi Mawa'idzil Birriyat” bhwa sesungguhnya Allah SWT menciptakan Neraka pada hari ahad. Dikitab tersebut disebutkan pula bahwa Neraka itu mempunyai tujuh pintu dan tujuh tingkatan.

Dari masing-masing neraka tersebut akan dihuni oleh seluruh mahluk Allah SWT baik dari golongan jin ataupun manusia yang durhaka tidak melakukan semua yang diperintahkan dan semua yang dilarang-Nya. Berikut ini nama-nama dari ketujuh neraka beserta penjelasanya mengenai golongan orang yang akan menghuni dimasing-masing neraka tersebut.

7  NERAKA DAN TINGKATAN NERAKA

1. NERAKA HAWIYYAH
Neraka hawiyyah adalah neraka yang menjadi alas atau keraknya neraka, neraka ini sangatlah mengerikan karena api yang terdapat didalamnya berwana hitam tak ada cahaya didalamnya kecuali cahaya api yang akan menghanguskan penghuninya. Neraka ini diperuntukan bagi orang-orang yang ringan amal kebaikanya, yaitu mereka yang selama hidupnya tidak pernah melakukan kebaikan melainkan hanya sedikit dan meninggal tanpa membawa iman dan islam. Disinilah tempat mereka di neraka hawiyyah bersaka-sama fir’aun dan kelurganya beserta orang-orang pendosa berat lainya.
Allah SWT berfirman: “Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke neraka hawiyyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas” (QS. 8-11)

Rosullullah SAW juga bersabda: “Adapun Neraka itu gelap gulita, tidak mempunyai penerangan kecuali api yang menyala-nyala. Neraka itu mempunyai tujuh pintu dan tiap-tiap pintu itu mempunyai tujuh puluh ribu bukit, tiap-tiap bukit mempunyai tujuh puluh ribu cabangnya, tiap-tiap cabang itu terdiri atas bagian-bagian yang lebih kecil. Dan tiap-tiap bagian yang lebih kecil itu terdiri atas tujuh puluh ribu dusunnya. Dan tiap-tiap dusun itu tujuh puluh ribu rumahnya dan api yang menyala-nyala. Tiap-tiap rumah itu tujuh puluh ribu ular dan kalajengking”

Dan dari Abu Hurairoh ra “terdengar suara yang mengelegar lalu bertanyalah ke rosulullah dan rosulullah menjawab itu adalah suara batu yang jatuh dari neraka jahanam ke “teleng” sekitar dada jatuhnya 1000 tahun”.

2. NERAKA JAHIM
Neraka jahim adalah neraka yang diperuntukan bagi orang-orang yang sesat, orang yang tidak beriman kepada Allah, orang yang meyakini bahwa ada tuhan lain selain Allah. Orang-orang seperti ini tempatnya adalah neraka jahim, neraka yang berada tepat diatas neraka jahanam.

Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat” (QS.Asy-Syu'araa :91).

Orang-orang yang sesat adalah orang-orang yang menyimpang dari agama ketuhanan atau agama Allah(Islam). Orang yang mengajak orang lain menuju kesesatan akan dituntut oleh semua orang yang telah dia sesatkan dan orang yang disesatkanpun tidak bisa berbuat apa-apa karena sesungguhnya kesesatan itu tidak akan menimpa kepada orang-orang yang memiliki dasar dan pemahaman agama yang baik.

3. NERAKA SAQAR/SAQOR
Neraka saqar/saqor adalah neraka yang diperuntukan bagi orang-orang yang tidak melaksanakan solat, berbohong akan keberadaan Allah dan menyembah dzat yang keluar dari sifat Allah dan Al-qur’an. 

Pantaslah jika orang-orang yang tidak melaksanakan solat dilemparkan ke neraka saqar/saqor, karena amalan yang pertama kali akan Allah hisab dihari ahir kelak adalah amalan solat. Jika amalan solatnya baik maka baik pula seluruh amalan yang lainnya tetapi jika amalan solatnya buruk, maka buruk pula seluruh amalan yang lainya.

solat menjadi tolak ukur bagi seluruh mukmin baik laki-laki maupun perempuan untuk menjaga amalan solatnya dan untuk menghindari panasnya api neraka saqar/saqor.

Dihari ahir kelak semua umat nabi Muhammad akan memasuki surga, tetapi harus menjalani pembersihan dosa terlebih dahulu didalam neraka kecuali orang-orang yang menyekutukan Allah, mereka kekal didalamnya. Setelah mereka memasuki surga maka akan terjadi percakapan, firman Allah: “didalam surga mereka saling bertanya dari hal yang berdosa. “Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqru?”  “Karena kami tidak solat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang bukan-bukan, kami mendustakan hari kiamat.”

4. NERAKA LAZHA
Neraka lazha adalah neraka yang diperuntukan bagi orang-orang yang menafik,kafir dan membelakangi agama taohid serta berpaling dari iman dan enggan bertaubat dari kekafiran.
Orang yang tidak pernah bersukur selalu berkeluh kesah dan kikir maka orang yang seperti ini kelak pitu neraka ini akan memanggil-manggil dan mengumpulkan didalamnya yang akan mengelupaskan kulit kepala penghuninya yakni yang akan kedua kedua tangan dan kedua kaki dan seluruh anggota tubuhnya terkuliti.

Iblis dan para pengikutnya akan dimasukkan ke dalam neraka Ladza. Seperti apa yang dikatakan oleh Malaikat Maut (malaikat Izrail) ketika Iblis hendak dicabut nyawanya, maka malaikat maut itu berkata, bahwa Iblis akan diberi minum dari neraka Ladza.

Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya: “Sekali-kali tidak! Sesungguhnya itu adalah neraka Lazha, yang mengelupaskan kulit kepala, yang memanggil orang yang membelakangi dan berpaling, dan mengumpulkan soraya menyimpannya.” (QS. Al Ma´aarij:15-18)

5. NERAKA HUTHOMAH
Neraka huthomah adalah neraka yang diperuntukan bagi orang-orang yang kafir. Dineraka ini penghuninya akan dibakar sampai kehati, yakni yang akan melalap segala sesuatu sampai kehati. Sedangkan para penghuninya dalam keadaan diikat pada tiang-tiang yang panjang.

Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya: “Tahukah engkau apakah Hathamah itu? Yaitu api yang menyala-nyala yang membakar hati manusia. Sungguh, api itu ditutupkan kepada mereka. Sedangkan mereka itu diikatkan pada tiang yang panjang” (Q.S. Al-Humazah : 4-9)

6. NERAKA SAIR
Neraka sair adalah neraka yang akan dihuni oleh orang yang tidak mau mengeluarkan zakat atau bagi mereka yang mengeluarkan tapi tidak pada porsinya. Orang-orang yang senang memakan harta anak yatim akan ditempatkan dineraka sair ini. Didalam neraka ini para penghuninya buta, pekak, dan kulitnya tebal seperti Jabal uhud.

Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya: “Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya. Dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair” (Q.S. An-Nisa : 10)

7. NERAKA JAHANAM
neraka jahanam adalah neraka yang diperuntukkan bagi umat nabi Muhammad SAW yang melakukan dosa besar dan belum sempat bertaubat ketika malaikat maut datang untuk mencabut nyawanya. Sebagai mana yang dikatakan malaikat jibril kepada nabi Muhammad SAW: “hai Muhammad! Pintu neraka jahanam, ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, dimana mereka mati sebelum bertaubat”. 

Demi mendengar apa yang dikatakan Jibril, Rasulullah langsung pingsan. Ketika Rasulullah telah sadar kembali, beliau berkata : "Hai Jibril! sangat besar musibahku. Karena sesungguhnya aku amat takut bila umatku dimasukkan ke dalam neraka!". Jawab Jibril: "Ya, umatmu yang melakukan dosa besar akan dimasukkan ke dalam neraka! ". Kemudian Rasulullah menangis, dan Jibril pun ikut menangis. Tiba-tiba mereka berdua mendengar firman Allah Ta'ala : "Hai Jibril, hai Muhammad! sesungguhnya Aku menjauhkah kalian berdua dari neraka, tapi janganlah kalian merasa aman dari siksa-Ku!".

Firman dalam al-qur’an yang artinya: “Bahwasanya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan diampuni Allah, dan tidak pula ditunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka
Jahannam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya. Yang demikian itu mudah sekali bagi Allah.” (Q.S. An-Nisa’ : 169)

Firman Allah dalam surat lain yang artinya: “Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya”. (QS. Al-Hijr :43)

Demikian artikel mengenai 7 NERAKA DAN TINGKATAN NERAKA semoga dengan membaca artikel ini pembaca bisa dapatkan tambahan pengetahuan tentang tempat mengerikan yang akan dihuni oleh orang-orang yang mendurhakai Allah SWT. Dan semoga dengan membaca artikel ini bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah dan dimasukkan kedalam surga-Nya. amin