SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Wednesday 1 July 2015

On 03:32 by Unknown in
SOCIALIZE IT →
DEFINISI LAKNAT
Kata LAKNAT  yang sudah menjadi bagian dari bahasa Indonesia memiliki dua makna dalam bahasa Arab, pertama bermakna mencerca dan yang kedua bermakna pengusiran dan penjauhan dari rahmat Allah.

Jadi kata laknat bisa diartikan sebagai mengumpat atau memaki orang lain dalam artian negatif. Sedangkan dilaknat artinya disingkirkan dan dijauhkan oleh Allah dari Rahmat-Nya dan dimurkai oleh-Nya. 

Bukankah seorang  yang satu dengan mslim yang lainya dilarang saling mencela(melaknat)? Sebagaimana sabda Rosullullah SAW yang atrinya: “Bukanlah seorang mukmin itu seorang yang suka mencela,tidak pula seorang yang suka melaknat, bukan seorang yang keji dan kotor ucapannya” (HR.Bukhari)

Jadi laknat itu tidak berlaku bagi umat muslim dan akan mendapatkan dosa besar bagi siapa saja yang mengucapkannya. Laknat sejatinya hanya milik Allah semata, dan hanya Allah lah yang berhak melaknat mahluknya karena melihat dari arti katanya bahwa laknat adalah menjauhkah rahmat dari Allah SWT. Dan hanya hak Allah untuk mendekatkan atau menjauhkan rahmat dari manusia,jin dan syetan.

Rosullullah SAW bersabda bahwa: “Sesungguhnya orang-orang yang suka melaknat itu tidak akan dapat menjadi syuhada (orang-orang yang menjadi saksi) dan tidak pula dapat memberi syafa’at pada hari kiamat kelak.” (HR. Muslim)

Sesungguhnya LAKNAT hanya ditujukan kepada orang-orang kafir dan memusuhi islam. Orang-orang yang melaknat sesama dan dilaknat oleh Allah tidak lain dan tidak bukan tempatnya adalah neraka.

Neraka yang bahan bakarnya dari batu dan manusia tempat pembalasan bagi manusia yang durhaka dan pendosa, dan sungguh amat sangat malang nasip para penghuninya berharap dapat ditebus dengan keping emas sebesar gunung tapi semua itu tidak berguna. Panas nerka membakar kulit hingga ke ulu hati, didalamnya hanya terdapat pakaian dari bahan per yang amat panas sedangkan menu makanannya adalah buah zaqum yang bentuknya mirip dengan kepala iblis, dan jika buah ini jatuh kebumi maka niscaya hancurlah dunia dan seisinya, dan minumannya air mendidih yang akan melelehkan kerongkonannya, jurang-jurangnya dalam dan terjal sebuah batu yang diluncurkan baru akan sampai setelah 70 tahun kemudian, sungai-sungai-sungainya dari darah dan nanah yang mendidih, penghuninya dinaungi awan hitam yang panas dan hembusan angin sabung yang juga berhawa sangat panas.

Kaum suara neraka akan meraum geram pada para penghuninya merekan akan dibelenggu dengan rantai besi yang membara dipukul palu godam yang kekuatanya pukulanya dapat meluluh lantakkan gunung menjadi debu, wajah-wajah penghuni neraka diseret diatas bara api sedang tangan mereka dalam keadaan terikat. Itulah neraka yang disiapkan untuk jin dan manusia yang ingkar, sombong dan durhaka. Penghuninya terdiri dari pria dan wanita. Jika dalam sebuah hadis Rosullullah SAW pernah menyampaikan bahwa kebanyakan penghuninya adalah wanita.
demikianlah penjelasan mengenai laknat Allah yang akan ditimpakan kepada orang-orang yang mrndurhakai-Nya. semoga bermanfaat