SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Tuesday 28 July 2015

On 21:21 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

5 PENYEBAP AZAB KUBUR 

definisi AZAB KUBUR 
AZAB KUBUR adalah azab yang ditimpakan kepada setiap hamba yang lalai dan durhaka kepada Allah SWT.
Nabi Muhammad SAW memerintahkan kepada kita untuk berlindung dari azab kubur, beliau bersabda yang artinya: “berlindunglah dari azab kubur” (HR. Muslim)

Saat kita memasuki area pemakaman hanya suasana hening yang kita rasakan, meskipun banyak kuburan yang ada tapi tak satupun terdengar suara yang mengisahkan yang terjadi di alam kubur.
Nabi SAW mengajarkan kepada kita untuk berlindung mengenai empat hal yaitu azab jahanam, azab kubur, ftnah hidup dan mati serta fitnah dazjal. Hr.Muslim

Kuburan bagi orang yang tidak beriman adalah sebagai tempat yang amat mengerikan, nabi bersabda yang artinya: “Belum pernah aku melihat pemandangan yang lebih mengerikan dari azab kubur” (Hr. At Tirmidzi , hasan)


Namun bagi orang yang beriman kuburan adalah tempat beristirahat dari pengapnya kehidupan di dunia, Abu khotadah berkata: “pernah lewat dihadapan nabi SAW jenazah, lalu beliau bersabda: “Ada yang istirahat dan ada yang diperistirahatkan, mereka berkata wahai Rosullullah, siapa yang istirahat dan siapa yang diperistirahatkan darinya?. Beliau bersabda; hamba yang mu’min beristirahat dari kelelahan dunia, sedangkan hamba yang fajir (suka berbuat dosa) beristirahat dariNya para hamba negeri-negeri, pehon-pohon dan binatang-binatang” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lalu apakah 5 penyebap azab kubur saat kita meninggal dan memasuki alam kubur, berikut adalah hal-hal yang menyebabkan seorang hamba disiksa didalam kuburnya. Diantaranya adalah:

1. AIR KENCING
Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Kebanyakan azab kubur dari air kencing” (HR. Ahmad)
Dan dari hadis Ibnu Abbas, Nabi SAW pernah melewati dua kuburan lalu beliau bersabda: “Keduanya sedang diazab dan tidaklah diazab dengan sesuatu yang dianggab besar adapun yan pertama, ia suka mengadu domba, adapun yang kedua ia tidak menutupi dirinya dari air kencing.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Maksud dari hadis tersebut adalah seseorang yang tidak menutupi dirinya dari kencing sehingga terkena cipratanya, sebagaimana dijelaskan dalam riwayat-riwayat lainya perkara ini banyak dilalaikan oleh kaum muslimin, mereka tidak berhati-hati dari air kencing dan menganggapnya remeh padahal kebanyakan azab kubur karena tidak berhati-hati dari air kencing.

2. MEMAKAN RIBA
Memakan riba adalah osa yang besar disisi Allah, Allah mengumumkan perang dengan memakan riba maka Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 278 hingga 279 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah dan tinggalkanlah yang tersisa dari riba jika kalian orang-orang yang beriman, jika kamu tidak melakukan itu, maka ketahuilah Allah dan Rosull-Nya akan memerangimu.” (QS Al Baqarah:278-279)

Rosullullah SAW pun melaknat pemakan riba dan bersabda yang artinya: “Semoga  Allah melaknat pemakan riba dan yang bertransaksi dengan riba, dua saksi dan pencatatnya, mereka semua sama.” (HR. Ahmad Muslim)

Dosa memakan riba lebih berat dari dosa zina 36 kali lipat dari Abdulah bin Hanzolah berkata bahwa rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Sedirham riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan dia mengetahuinya, lebih berat dari 36 kali lipat berzina” (HR.Ahmad dan ad darokuthni)

3. BERPALING DARI AL-QUR’AN
Allah telah menurunkan Al-qur’an dan memerintahkan kita untuk mempelajari dan mengamalkannya karena ia adalah kehidupan bagi hati manusia dan membimbing bagi jalan-jalan kebenaran, orang yang berpaling dari Al-qur’an akan mendapatkan kehidupan yang sempit di alam kuburnya. Allah SWT berfirman dalam surat At Thaha ayat 124-126 yang artinya: “Dan barang siapa yang berpaling dari peringatanKu (Al-qur’an) maka ia akan mendapatkan kehidupan yang sempir, dan kami akan mengumpulkan dalam keadaan buta. Ia berkata Ya Robb mengapa Engkau mengumpulkan kami dalam keadaan buta? Padahal dahulu (didunia) kami melihat. Allaha berfirman: “Demikianlah telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, lalu kamupun meninggalkanya. Demikian pula kamun dihari ini ditingalkan.” (QS. At Thaha: 124-126)

Mereka yang telah mempelajari Al-qur’an, janganlah ia meninggalkan dan melalaikannya dalam hadis Samuroh bin Jundup yang panjang dimmana Rosullullah SAW diperlihatkan bermacam-macam azab kubur, beliau melihat kepalanya dihancurkan oleh batu dan dikatakan kepada beliau bahwa dia adalah orang yang mempelajari Al-qur’an namun dia tidak mengamalkannya dan tidur dari solat wajib.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Didalam Al-qu’an surat Al A’raf ayat 175-176 Allah SWT mengisahkan tentang orang yang hidup dijaman nabi Musa yang bernama Bal’am, ia tadinya seorang yang diberinya ilmu tentang Taurat namun dia terberdaya oleh dunia dan lebih mengituti hawa napsunya. Allah SWT berfirman yang artinya: “Bacakanlah kepada mereka kisah orang yang telah kami berikan kempadanya ayat-ayat Kami, lalu ia lepas darinya, dan setanpun mengitutinya. Ia pun menjadi orang-orang yang tersesat. Dan jika kami berkehendak kami akan tinggikan derajatnya dengan ayat-ayat tersebut namun ia lebih condong kepada dunia dan mengikuti hawa nafsunya. Maka perumpamaanya seperti anjing, jika kamu menghalauya di ulurkannya lidahnya, dan jika kamu membiarkanya dia mengulurkan lidahnya juga. Maka ceritakanlah kepada mereka (kisah itu) agar mereka berfikir.” (QS. Al A’raf: 175-176)

4. MENEBAR KEBOHONGAN ATAU ISU
Ini merupakan ancaman yang berat bagi yang menebar kebohongan, berbohong adalah ahlak yang tercela dalam islam dan perangai kemunafikan. Nabi SAW bersabda yang atrtinya: “Tanda munafik ada tiga; apabila berbicara ia berdusta, apabila berjanji tidak menepati dann apabila diberikan amanah ia berhianat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “ Sesungguhnya dusta itu menyeret kepada fujar (jahat) dan sesungguhnya perbuatan Fujur itu menyeret kepada api neraka. Dan sesungguhnya seseorang bisa berdusta sampai dia ditulis disisi Allah sebagai tukang dusta”(HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam hadis Samuroh bin Zundup yang panjang, dimana Rosullullah SAW diperlitkan bermacam-macam azab  kubur, “beliau melihat yang mulutnya disobek sampai tengkuknya. Dan dikatakan kepada beliau bahwa ia adalah orang yang keluar rumahnya lalu berdusta, dan kedustaanya menebar kemana-mana.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. BERZINAH
Diantara penyebab Azab kubur adalah bezinah dalam hadis Samuroh bin Jundup yang panjang, dimana Rosullullah SAW diperliihatkan bermacam-macam azab kubur beliau melewati tempat yang bentuknya seperti tanur yaitu sejenis tungku api yang lubangnya kecil, lalu beliau melihat kedalamnya ternyata disana terdapat laki-laki dan wanita yang telanjang, tatkala api mendatangi mereka dari arah bawah, merekapun menjerit kesakitan. Lalu dikatakan kepada beliau bahwa mereka adalah para penjina. Berjinah adalaha salah satu penyebab datangnya mala petaka dan berbagai penyakit ganas, Nabi SAW bersabda yang artinya: “Tidaklah tersebar perbuatan zinah pada suatu kaum, hingga mereka terang-terangan melakukanya kecuali akan tersebar kepada mereka penyakit Tha’um, dan penyakit-penyakit yang belum pernah ada sebelumnya,” (HR. Ibnu Majah, Hasan)

Diantara penyebag azab kubur lainya adalah dikhususkan bagi wanita yang tidak menyusui anak diantara yang diperlihatkan kepada nabi dari macam-macam azab kubur adalah wanita yang tidak mau memberikan asi kepada anaknnya. Disini diartikan seseorang yang tidak mau menyusui anaknya karena takut payudaranya berubah atau alasan lain yang tidak syar’i. Nabi SAW bersabda yang artinya: “Tiba-tiba aku melihat wanita yang payu daranya dicabik-cabik oleh ular. Maka aku bertanya, kenapa mereka? Malaikat menjawab; mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anaknya karena tidak syar’i.” (HR. Al Hakim)

Demikianlah 5 penyebap azab kubur semoga kita semua dijauhi dari Azab kubur tersebut. amin