SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Thursday 30 July 2015

On 17:46 by Unknown in
SOCIALIZE IT →


MANFAAT PUASA SENIN KAMIS
MANFAAT PUASA SENIN KAMIS dapat menghindarkan diri dari santet atau teluh dari orang-orang yang tidak menyukai keberadaan kita.

Sesungguhnya sebagai umat muslim memang memiliki banyak kewajiban diantaranya yaitu melaksanakan soat lima waktu, mengeluarkan zakat, melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu, berpuasa dibulan rahmadhan dan masih banyak kewajiban lainya. Dibalik kewajiban itu semua pasti ada yang hukumnya sunah, dan diantara banyak sunah, sunah yang paling sering dilakukan adalah solat da puasa.

Berbicara mengenai puasa, ada puasa yang sering diamalkan oleh Rosullullah SAW meskipun itu bukan puasa yang wajib melainkan ini adalah puasa yang menjadi tradisi para sahabat dan umat nabi SAW.


Puasa senin kamis adalah puasa sunah yang sering diamalkan oleh para sahabat dan umat Rosullullah SAW, puasa senin kamis memiliki banyak keajaiban-keajaiban yang luar biasa namun tidak banyak orang yang menyadari betapa banyaknya keajaiban yang tersembunyi dibaliknya.

Senin dan kamis merupakan dua nama hari dalam kalender masehi, namun pada hari itu ternyata memiliki keistimewaan tersendiri, karena Roasullullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk melaksanakan puasa sunah dikedua hari tersebut. Seperti sanda dari Rosullullah SAW yang artinya: “Segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa, dan aku dalam kondisi berpuasa.”(HR. Thirmidzi)

Sebagai amalan yang sunah, tentu saja puasa senin dan kamis memiliki posisi yang penting dimata Allah SWT, sehingg Allah SWT akan memberikan pahala puasa langsung kepada hamban yang mengerjakanya, bahkan amal yang dikerjakan seorang hamba yang berpuasa akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat.(HR. Bukhari dan Abu Daud)

Manfaat puasa senin kamis yaitu dapat mengencangkan kulit, puasa senin dan kamis ada hubungannya dengan pengencangan kulit, hal ini dikarenakan jika kita berpuasa selama satu hari penuh, maka metabolisme didalam tubuh kitapun ikut beristirahat, sehingga membuat sel-sel dalam tubuh dapat bekerja secara maksimal dan hasilnya organ tubuh luar seperti kulit akan terasa lebih sehat dan terlihat lebih kencang. 

Jika orang yang sudah terbiasa mengerjakan puasa senin dan kamis biasanya lebih bisa mengontrol pikiran dan perasaannya, adapun contohnya yaitu dengan puasa senin dan kamis orang lebih bisa bersabar mengontrol hawa napsu dan pikiran-pikiran kotor dan negatif, dengan terkontrolnya hawa nafsu dan pikiran akan menenangkan jiwa dan perasaan, dan pada saat kita melaksanakan puasa senik kamis ini, rasa lapar dan rasa haus tak dapat terelakan. Jika kita menyadari dan pada lingkungan sekitar sesungguhnya rasa lapas seperti itulah yang banyak dirasakan oleh orang miskin dan tidak mampu, oleh karena itu orang yang biasa berpuasa senin dan kamis mengerti akan kondisi lingkungan sekitar.

Itulah manfaat dari berpuasa senin kamis, tapi ternyata ada manfaat lain yang tidak kita ketahui. Konon katanya berpuasa pada hari senin dan kamis dapat menghindarkan kita dari pengaruh santet, benarkah asumsi itu lantas bagaimanakan menurut kaca mata islam? 

Seperti yang kita ketahui, jika kita mendengar kata sihir yang langsung terlintas dalam diri kita adalah seuatu kekuatan gaib yang dapat menyakiti seseorang, namun sebenarnya sihir merupan suatu perbuatan yang mendekatkan diri kepada setan dengan meminta bantuanya, dimana orag tersebut akan membuat kesepakatan dengan setan dengan ketentuan bahwa tukang sihir akan melakukan berbagaimacam keharaman dan kesirikan, dan sebagai imbalannya setan akan memberikan bantuannya kepada tukang sihir tersebut seperti sabda dari Rosullullah SAW yang artinya: “Suhir adalah ikatan-ikatan (buhul), jampi-jampi, perkataan perkataan yang dilontarkan secara lisan maupun tulisan, atau melakukan sesuatu yang mempengaruhi badan, hati atau akal orang yang terkena sihir tanpa berinteraksi langsung dengannya. Sihir ini mempunyai hakekat, diantaranya ada yang bisa mematikan, membuat sakit, seseorang suami tidak biasa menggauli istrinya, atau memisahkan pasangan suami istri. Atau membuat salah satu pihak membenci yang lainnya, atau membuat kedua belah pihak saling mencintai,” (HR. Ibnu Qudamah Al-Maqdisi)

Penyakit yang muncul akibat sihir biasana tidak dapat diditeksi secara medis karena tidak ditemukannya kenapa dia merasakan sakit disekujur tubuhnya sedangkan medis tidak menemukan adanya kelainnan, jika sudah seperti ini, koon dengan mengerjakan puasa hari senin dan kamis dapat menghindarkan diri kita dari pengaruh sihir, namun setelah diteliti lebih dalam tidak ada hubunganya puasa senin dan kamis dengan santet, tidak ada juga dalil sahih yang menunjukan bahwa puasa senin kamis dapat menghindarkan diri kita dari sihir. Hanya saja islam mengajarkan ada beerapa amalan yang dapat dibaca untuk melindungi diri kita dari sihir dan ilmu hitam, diantaranya adalah;

Kita harus menjaga kepercayaan Allah dengan mengerjakan kewajiban yang harus dilakukan umat muslim kemudian menjalankan amanah itu sudah termasuk cara menjaga kepercaan Allah kepada diri kita” “Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah niscaya kamu jimpai Dia dihadapanmu..”(HR.Ahmad, sahih)

Makan kurma ajwa sering dikenal dengan kurma nabi, kuma ini sangat disukai para nabi. Kisahnya pada saat itu ajwa adalah salah satu nama dari anak sahabat yang bernama Salaman Al-farizi orang yang ahirnya masuh islam atau mualaf, lalu beliau mewakafkan lahan kurmanya untuk perjuagan islam, dan untuk mengenang jasa-jasanya itu rosullullah SAW menamakan kurma yang dimakannya pada saat berbuka puasa itulah sebagai kurma Ajwa. Dalam hal ini rosullullah SAW pun bersabda yang artinya:”Siapa yang sarapan dengan 7 kurma Ajwa, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya di hari itu.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Tapi apabila kita sedah terkena sihir, maka kitapun dapat mandi dengan air yang sudah dicampur dengan air yang sudah dicampur dengan daun bidara, membaca bacaan ruqiah dan ditiupkan dibagian0bagian yang sakit.

Jadi berpuasa senin kamis tidak ada hubungannya dengan penyakit sihir atau santet, lagi pula asumsi ini tidak memiliki dalil yang sahih yang menguatkannya, puasa senin kamis memang memiliki manfaat dan pahalanya tapi tidak berpengaruh untuk menanggkal santet. Sihir dan santet dapat dicegah dengan amalan-amalan yang diberikan oleh Allah SWT.

Semoga pemaparan ini dapat bermanfaat dan tidak menjadikan kita salah persepsi dalam memandang amalan puasa senin kamis, karena manfaat puasa senin kamis yang sebenarnya menurut penelitian adalah dapat mengencangkan kulit dan menjadikan kita merasa lebih awet muda. terimakasih.