SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Wednesday 5 August 2015

On 04:51 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

10 TEMPAT-TEMPAT YANG PALING BANYAK DIHUNI SETAN 
Seperti yang kita ketahui setan dengan berbagai macam cara sering kali mengganggu manusia, dan pada dasarnya setan memiliki kehidupan yang sama dengan manusia yang membutuhkan tempat untuk ditinggalin. Setan juga memiliki kesekaan dan kegemaran layaknya manusia, dan termasuk dalam tempat tinggal, setan cenderung menyukai tempat-tempat yang kotor, lembab dan kosong.


Lalu seperti apakah tempat-tempat yang paling banyak dihuni setan berikut ini akan kami paparkan penjelasannya.


1. Tempat peristirahatan unta atau kandang unta
Tempat yang paling banyak dihuni oleh setan adalah tempat peristirahatan unta dalam hadis Abdullah bin Muhofal ra  berkata, bahwa Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Solatlah kalian ditempat peristirahatan (kandang) kambing dan janganlah kalian solat ditempat setan itu diciptakan dari setan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban) Syaihul islam Ibnu Taimiah Rahimmahullah mengatakan bahwa dilarangnya solat diperistirahatan unta karena itu adalah tempat para setan.


2. Tempat buang air besar dan kecil
Tempat lain yang banyak ditempati setan adalah tempat buang air besar dan kecil atau toilet, seperti yang kita ketahui bahwa setan menyukai tempat-tempat yang lembab dan kotor, dan banyak orang terkena gangguan jin ketika berada ditempat tersebut dalam hadis Said bin Arqam ra bahwa Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Seaungguhnya tempat-tempat buang hajat ini dihadiri (oleh para setan), maka jika salah satu diantara kalian hendak masuk kamar mandi (WC) , ucapkanla; “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”


3. Lembah-lembah
Setan dan jin ditemukan dilembah-lembah dan tidak ditemukan digunung-gunung, Syaihul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullah mengatakan bahwa lembah-lembah tempat kaum jin, karena sesungguhnya ia lebih banyak ditemukan dilembah-lembah dari pada didataran tinggi.




4. Tempat sampah dan Kotoran
Setan juga senang menghuni tempat-tempat sampah dan yang kotor, Syaihul Islam Ibnu Taimiyah Rohima Hullah berkata bahwa setan banyak ditemukan ditempat-tempat bernajis seperti tempat sampah dan kotoran.





5. Kuburan
Tempat-tempat lainya yang banyak dihuni para setan adalah perkuburan, Abu said al Hudri berkata bahwa Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Permukaan bumi itu semuanya masjid (Bisa dijadikan tempat solat) kecuali pekuburan dan kamar mandi.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Abu Daud)
Syaihul Islam Ibnu Taimiyah Rohimahullah juga menjelaskan bahwa pada pekuburan itu ada sarana untuk menuju kesirikan dan pekuburan juga menjadi tempat mangkalnya para setan, para setan menuntut orang yang ingin menjadi tukang sihir untuk selalu tingal dipekuburan, disanalah setan turun mendatangi dan tukang sihir itu bolak balik lalu para setan menuntutnya untuk memakan sebagian orang-orang mati.

6. Tempat yang telah rusak dan kosong
Setan juga sering menghuni tempat yang telah rusak dan kosong, diriwayatkan oleh Bukhari dalam Al Adab Al Mufron dari Sauban ra berkata: “Rosullullah SAW berkata kepadaku; “janganlah kamu tinggal ditempat yang jauh dari pemukiman karena tinggal ditempat yang jauh dari pemukiman itu seperti tinggal dikuburan,” 

Para ulama berpendapat bahwa al kufur adalah tempat yang jauh dari pemukiman manusia dan hampir tidak ada seorangpun yang lewat disitu, maka dalam hal itu Ibnu Taimiyah berkata bahwa para setan banyak ditemukan ditempat yang telah rusak dan kosong.

7. Lautan
Tempat yang paling banyak dihuni setan lainya adalah lautan, dalam hadis Jabir ra berkata bahwa rosullullah Saw bersabda yang artinya: “Sesungguhnya Iblis meletakan singga sananya dilautan dalam riwayat  lain diatas air dan diapun mengutus pasukannya.” (HR. Muslim:2813). Dari hadis Abu Musa ra dan diriwayatkan Ibnu Hibban dan lainnya dikatakan bahwa hadis ini sahih.


8. Tempat yang digunakan untuk maksiat dan kesirikan
Para setan juga banyak ditemukan didalam rumah yang didalamnya terdapat kesirikan dan kemaksiatan, karena tidak dilakukan penyembahan kepada selain kepada Allah kecuali setan ikut andil yang cukup besar didalamnya dan terhadap para pelakunya. Setan juga banyak ditemukan didalam rumah yang didalamnya terdapat banyak gambar dan anjing. Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Sesunguhnya malaikat tidak akan masuk kedalam rumah yang didalamnya terdapat anjing dan gambar.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu maka makmurkanlah rumah kita dengan berzikir kepada Allah, ibadah dan membaca Al-Qur’an. Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai pekuburan karena sesungguhnya setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al-Baqarah.”(HR. Musalim, Ahmad, irmidzi)

9. Jalanan
“dan para setan sering berkeliaran dijalan-jalan dan lorong-lorong” (HR. Bukhari dan Muslim) dari Jabir ra bahwa Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Jika telah datang malam, maka cegahlah anak-anak kalian untuk keluar, karena sesungguhnya jin itu berkeliaran dan melakukan penculikan, matikanlah lentera disaat tidur karena sesungguhnya binatang fasik (tikus) itu kadang menarik sumbu lampu sehinga membakar penghuni rumah tersebut.” 

10. Pasar-pasar 

Pasar adalah salah satu tempat yang paling banyak dihuni oleh para setan dari Salman ra dan diriwayatkan oleh imam Muslim berkata bahwa “janganlah kalian menjadi orang pertama yang masuk pasar jika engkau mampu dan jangn pula menjadi orang yang paling terahir yang keluar darinya pasar, karena pasar itu tempat peperangan para setan dan disanalah ditancapkan benderanya.” Hukum ini disandarkan pada rosullullah SAW. 

Yang dimaksud ditancapkan benderanya merupakan isarat para setan untuk mengadu domba sesama manusia, karena itulah pasar merupakan tempat yang dibenci oleh Allah SWT. Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Tempat yang paling disukai oleh Allah adalah masjid, dan tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar.” (HR. Imam Muslim)

para setan sejatinya berkumpul ditempat-tempat didalmnya dilakukan maksiatan dan kemungkaran, setan juga berkumpul ditempat-tempat yang lembab, kotor dan kosong maka hindarilah diri dan rumah kita dari perbuatan-perbuatan maksiat dan hendaklah kita selalu berlindung kepada Allah SWT agar dijauhkan dari tempat-tempat yang didalamnya dihuni oleh para setan. Demikian 10 tempat-tempat yang paling banyak dihuni setan mudah-mudahan kita selalu bisa menjaga diri kita dari para setan. amin