SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Sunday 9 August 2015

On 17:52 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

                          8 PEMIMPIN HEBAT DAN LUAR BIASA DALAM ISLAM

Mengenai pentingnya sosok kepemimpinan Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rosullunya, serta ulil amri diantara kamu.” (QS. Al-Imran ayat:59)

Menurut para tafisir ulil amri adalah para pemimpin dan ulama, apabila Allah mengatakan orang beriman harus taat kepada ulil amri dari kalian artinya ulil amri itu harus ada karena ia memiliki peran yang besar untuk mengurus rakyat. Dalam hadis terdapat perintah untuk menegakan kepemimpinan. Tak hanya itu didalamnyapun terdapat perintah untuk taat kepada pemimpin asalkan pemimpin tersebut tidak memerintahkan pada maksiat. Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Apabila ada tiga orang pergi dalam suatu perjalanan, maka mereka harus mengangkat salah satunya, sebagai pemimpin.” (HR.Abu Dawud)

siapakah pemimpin hebat dan luar biasa dalam islam..??
1. Abu Ubaidah ibn Al-jarrah
Dia adalah seorang muhajirin dari kaum quraisy Mekah yang termasuk orang-orang yang paling awal memeluk islam. Ia ikut berhijrah ke Habasyah yang saat ini disebut Etiopia kemudian beliau berhijrah ke Madinah ia juga mengikuti setiap pertempuran dalam membela islam. Setelah wafatnya nabi Muhammad SAW beliau merupakan salah satu calon khalifah bersama Abu Bakar dan Umar bin Khotob. Setalah terpilihnya Abu Bakar sebagai khalifah, beliau dilantik menjadi panglima perang pasukan muslim untuk berperang beliau meninggal karena wabah penyakit.

2. Khalid bin Al-Walid
Khalid bin Al-Walid adalah seorang panglima perang pada masa pemerintahan Khulafaurrasyidin termasyur dan ditakuti dimedan perang bahkan ia dijuluki sebagai Saiful Al Masrul atau pedang Allah yang terhunus ia merupakan salah satu dari panglima-panglima perang penting  yang tidak terkalahkan sepanjang karirnya.

3. ‘Amr ibn Al-‘As
Dimasa Jahiliyah beliau pernah mengambil bagian dalam peperangan menentang nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin namun ia masuk islam bersama Khalib bin walid setelah enam bulan masuk islam beliau bersama Rosullullah SAW menaklikan kota mekah dalam peristiwa Fadhul Mekah. Ia dikenal dengan panglima perang yang bijak dalam mengatur strategi perang, ‘Amr ibn Al-‘As juga merupakan panglima perang yang menaklukan baitul Makdis dan mesir dari cngkraman Romawi.

4. Sa’ad ibn Abi Waqqas
Ia juga merupakan orang yang paling pertama masuk islam dan salah satu sahabat penting Rosullullah SAW.  Kepemimpinan Sa’ad ibn Abi Waqqas tertulis pada saat ia memimpin pasukan islam melawan pasukan persi di Khodisya, peperangan ini merupakan peperangan terbesar dalam islam.

5. Imad Ad-din Zeng
Zengi merupakan penguasa Turki dari Monsul, ia merupakan pemimpin pertama dalam sejarah setelah ekspansi tentara salip semasa perang salip pertama. Dialah yang memimpin para muhajidin islam, dengan bantuan seorang ulama Imam Al-Hasya mereka membawa umat islam kearak memenangan menentang tentara salip dalam perang ladang darah di Baland. Kemenangan ini membawa dampak yang besar pada skologi umat islam dan menghapus anggapan mereka tentang kekuatan tentara salip. Kemenangan Zangi pada tahun 1144 mengukihkan rasa percaya diri mereka, kemampuan pasukan Zengi merebut edesa sangat berharga karena Edesa merupakan kota negara salip pertama yang dapat ditaklukan oleh umat islam mesikup dua tahun kemudian Zengi tewas akibat dibunuh, Zengi tetap pahlawan bagi umat islam yang membakar semangat jihad.

6. Sallahuddin Al-Ayyubi
Ia merupakan pemimpin hebat berikutnya. Dia adalah seorang jendral dan sultan yang berasal dari Tikrid atau yang sekarang berada didaerah utara Iron. Dia mendirikan dinasti Ayyubiyah di Mesir, Syiriya, Yaman,Irak. Salahhudin terkenal di kalangan muslim dan barat karena kepemimpinan, tentara dan sifatnya yang mulia, ia juga merupakan pemimpin yang pengampun pada saat melawan musuhnya. Sultan Sallahhudin Al-Ayubi ia adalah seorang yang sangat alim ia memberikan penjelasan dan tulisan dalam brbagai macam kitab dan hadis Abu Dawud.

7. Berke Khan
Dia adalah pemerin tah dari keturunan Mongol yang berkuasa di Golden Hold. Ia memeluk islam melalui seorang ulama Saefudin Al-Darwis selepas dialog diantara mereka di Bukhara. Berke Khan menerima nasehat Saefudin Al-darwis dengan hati yang terbuka dan dengannhidayah ang sudah meresap kedalam jiwanya. Wilayah penguasaanya yaitu Golden Hold dan yang meliputi Kaeova timur Berken Khan benar-benar membela islam sebab ia sanggup menentang kaumnya sendiri yang merupakan sepupunya sendiri Ulago Khan. Berke khan dan ribuan tentaranya yang beragama islam telah berjuang melawan bersama-sama saat pertempuran a’inzalud. Keganasan mongol terus berangsur reda dan islam terus berkembang diwilayah wilayah yang dikuasai Berke Khan. Berke khan adalah seorang perintis pertama dalam penyebaran ajaran islam diwilayah-wilayah mongol.

8. Muhamad Al-Fatih
Sultan muhammad dua atau Mehmed dua dikenal juga sebagai Muhammad Al-Fatih atau sang pemuka. Kepemimpinan hebatnya sudah tidak lagi diragukan, kejayaanya menklukan Romawi timur, Konstantin Nivel menyebabkan kawan dan lawan kagum dengan kepemimpinannya serta taktik dan setrategi yang mendahului pada jamannya. Tak hanya itu ia juga dianggap hebat memilih tentara siapa saja yang harus membantunya ia merupakan anak didik dari Syah Syamsudin yang merupakan keturunan Abu Bakar As Syidik. Sultan Muhaammag Al Fatih mencurahkan berbagai upaya dalam melakukan penaklukan dan penyerangan yaitu dengan menambah berbagai persinil tentaranya hingga 250 ribu mujahid jumlah ini sangat besar jika dibandingkan dengan negara lain pada saat itu. Sealin itu Al Fatih jiga memberikan berbagai pelathan kepada tentaranya berbagai seni perang dan dilengkapi juga bebagai peralatan perang hingga Al Fatih ahli melakukan jihad ke kota Konstantin Novel. Al Fatih tidak hanya memperhatikan aspek keahlian dalam berperang tetapi beliau juga memperhatikan kesiapan moral dan menanamkan semangat jihad pada pasukannya. Ia senantiasa mengingatkan pada pujian Rosullullah SAW tepat 50 hari pertempuran Konstantin Novel pada saat itu tanggal 29 mei 1453 sebelum matahari tepat berada dikepala akhirnya konstantin Novel takluk ditangan Muhammad Al Fatih. Al-fatih kemudian tirun dari kudanya dan bersujud kepada Allah SWT atas tanah yang direbutnya serta tak lupa Al-fatih mengucapkan selamat kepad pasukanya atas kemenangan yang diraih dan melarang untuk melakukan pembunuhan dan sebaliknya Al0Fatih memerintahkan pasukannya untuk memperlakukan musuh dengan baik dan lemah lembut.

Itulah 8 pemimpin hebat dan luarbiasa dalam islam yang menyebarkan agama islam, tidak hanya mengandalkan kepandaian taktik perang atau memimpin saja mereka juga sangt tunduk kepada Allah SWT. Dalam melakukan upaya dan penyebaran mereka lakukan semata-mata atas perintah Allah SWT dan diatas ajaran Allah SWT. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari mereka. amin