SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Monday 3 August 2015

On 06:42 by Unknown in
SOCIALIZE IT →


7 HAL YANG TIDAK HANCUR SAAT SANGKAKALA DITIUP

kapan sangkakala ditiup?
Jika mendengar kata kiamat, hal pertama yang terlintas dibenak kita adalah keadaan dimana bumi akan hancur dan segala yang hidup didunia akan mati. Mengerikan, itulah satu kata yang akan keluar dari mulut kita, tapi sebagai umat muslim, mempercayai akan datangnya hari kiamat merupakan perkara yang wajib karena hal itu termasuk rukun islam yang ke enam.

Hari kiamat itu memiliki beberapa pertanda, seperti tanda kiamat kecil dan tanda kiamat besar yang sebelumnya sudah kami paparkan yaitu  munculnya imam mahdi, munculna Dadjal, turunnya nabi Isa dan sebagainya. 


Tapi tanda-tanda dari kiamat besar itu akan mesnah seketika ketika terompet sakkakala ditiupkan, tapi kapan kah sakakala itu ditiup? Tidak ada satu orangpun yang mengetahui perkara gaib, seperti dalam firman Allah SWT yang artinya: “Katakanlah, tidak ada seorangpun dilangit dan dibumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.” (QS. An naml:65)
seperti apa bentuk dari terompet sangkakala?
Berbicara mengenai terompet sakakala, ada beberapa pendapat yang mengatakan mengenai keberadaan trompet ini. Seperti diantarannya adalah seorang ilmuan dari nasa yang disebut-sebut telah menemukan bentuk dari tromprt sangsakala. Sedikit mengingatkan, menurut penemuan dari nasa alam semesta yang kita tempati inilah yang dinamakan sangsakala, kenapa? Karena setelah diteliti, pada bagian ujung trompet sangkakala itu berbentuk seperti lingkaran yang membesar dan mengerucut dibagian depannya sehingga berbentuk seperti terompet, wawllahualam.

Namun jika kita berfikir sejenak lebih jauh lebih dalam pernahkah terlintas dibenak kita apa yang akan terjadi ketika sangkakala ditiupkan, sebenarnya siapa sajakah yang akan mati? Dan inilah penjelasanya.

Seperti yang kita ketahui jika terompet sangkakala ditiupkan maka seluruh kehidupan yang ada dimuka bumi ini akan musnah seperti yang dikatakan Imam Albar bahari: “Dan segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah kehancurannya maka pasti akan hancur kecuali surga dan neraka, Arsyi, sangkakala, Al kalam dan lauhul mahfud lantas benarkah pernyataan tersebut. 

7 hal yang tidak hancur saat sangkakala ditiup, diantaranya sebagai berikut.

1. Surga dan Neraka
Dalam hal ini Allah telah mengekalkannya dalam ayat-ayatnya: “Adapun orang yang celaka maka (tempatnya) didalam neraka, didalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintis), mereka kekal didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki(yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki. Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya didalam surga. Mereka didalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika tuhanmu menghendaki(yang lain); sebagai karunia ang tiada putus-putusnya.” (QS. Hud: 106-108)

Maksud dari ayat tersebut adalah  surga dan neraka itu diciptakan kekal dan tidak akan binasa yang tidak ditetapkan kematian pada keduanya.

2. ‘Arsy Allah atau singgasana Allah
‘Arsy Allah, Arsy ini merupakan singga san Allah yang diungkapkan Allah dalam firmannya: “Dan mereka mengucapkan; “segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) tepat ini sedang kami (diperkenannkan) menempati tempat dalm Jannah dimana saja kami kehendaki”. Maka jannah itulah sebaik-baik balasan bagi orang disekeliling ‘Arsy bertasbih sambil memuji Raab-Nya dan diberi putusan bagi hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: “segala puji bagi Allah, Raab semesta alam.” (QS. Az-Zummar:74-75)

Syehol islam pun berkata bahwa: “Al ’arsy tidak termasuk kepada mahluk-mahluk yang diciptakan selama enam hari dan tidak pula dipecah atau dibelah bahkan hadis-hadis yang masyur menegaskan apa yang telah ditunjukan Al-qur’an tentang ketidakpunahan al ‘arsy.

3. Kursi Allah
Selain al ‘arsy atau singgasana Allah, ada pula kursi milik Allah SAW, seperti apa itu kursi milik Allah? Rosullullah SAW bersabda yagnga rtinya: “Tidaklah kursi yang tujuh dibanding kursi kecuali laksana lingkaran anting yang diletakan ditanah lapang.” (HR. Hibban. Sahih) Sesungguhnya kursi Allah itu tidak akan hancur, sebagaiman halnya ‘Arsy menurut ijma para ulama.

4. Lauh mahfuzd
Jika singgasana Allah yaitu ‘arsy  dan kursi Allah SWT tidak akan hancur maka sama halnya dengan Lauhul mahfuzd, diman tempat ini merupakan kitab tempat Allah menuliskan seluruh catatan kejadian alam semesta adapun nama lain dari lauhul mahfudz adalah yang berdasarkan Al-qur’an yaitu ummu Al kitab, kibim ma’dum kitabim mubim sebagaimana telah dikatakan dalam firman Allah yang artinya: “Tiada sesuatu pu yang gaib yang ada dilangit dan dibumi, melainkan(terdapat) dalam kitab yang nyata (lauh mahfuzh).” (QS. An Naml: 75) Maka dari itu lahu mahfuzd pun tidak akan hancur berdasarkan ijma para ulama.

5. Qolam atau pena
Qolam atau pena merupakan salah satu ciptaan Allah yang tidak akan hancur saat sangkakala ditiupkan menurut beberapa ulama. Qolam atau pena merupakan salah satu mahluk yang pertama kali Allah ciptakan. Sebagaiman sabda Rosullullah SAW yang artinya: “Sesungguhnya mahluk yang pertama kali Allah ciptakan adalah Al-Qalam, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Tulislah!”  kemudian Al-Qalam berkata: “Wahai rabbku, apa yang aku tulis? Allah berfirman: “Tulislah taqdir segala sesuatu,sampai datang hari kiamat.” (HR. Abu Dawud)

6. Tulang ekor manusia
Meskipun tiupan sangkakala itu dapat menghancurkan manusia, tapi ternyata sangkakala tidak dapat menghancurkan tulang ekor manusia. “Tiada bagian dari tubuh manisia kecuali akan hancur (dimakan tanah) kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor, darinya manusia dirakit kembali pada hari kiamat.” (HR. Al Buhari)

7. Ruh
Ruh inilah salah satu yang tidak hancur saat sangkakala ditiup, karena mahluk yang binasa saat iyu akan dicabut ruhnya dan meninggal dan akan dikembalikan lagi ruhnya kejasadnya saat hari dibangkitkan, hal ini menunjuka bahwa ruh tidak akan hancur saat sangkakala ditiupkan menurut kesepakatan ijma para ulama.

Beriman kepada hari kiamat memang diwajibkan kerena hal tersebut termasuk kepada rukun iman yang ke enam, tapi ternyata ada 7 hal yang tidak akan hancur saat sangkakala ditiup, bahkan malaikat isroil yang bertugas meniup sangkakala itupun akan binasa, bagi umat muslim, semoga pemaparan ini dapat menambah wawasan dan keimanan kita kepada Allah SWT. Amin