SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Sunday 23 August 2015

On 00:17 by Unknown in
SOCIALIZE IT →
Siapa keturunan JIN?

6 KETURUNAN JIN
Banyak para ulama yang menjelaskan tentang setan dan keturunanya. Setan dan Jin adalah perkara yang gaib dan perkara yang gaib tidak terlihat oleh kasat mata. Sebagaimana namanya, jin yang berasal dari kata ijtinan yang bermakna tersembunyi. 

Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya: “Katakan (wahai Muhammad) tidak ada yang mengetahui perkara gaib di langit dan di bumi selain Allah.” (QS. An-Naml : 65) 


Jin dan keturunanya jumlahnya sangat banyak, mereka hidup dari nabi Adam diciptakan dan sampai hari ahir kelak. Diantara keturunan jin yang sesuai dengan sifatnya adalah Wiswas atau Zulwaswas, Azab bin Asyad, Khonzab, walhan, Hilal atau Ghul, Khubus atau Khubais. Ini adalah nama dari nama-nama keturunan jin menurut jumhur ahli tafsir dari kalangan sahabat dan tabi’in, seperti Ibnu Abbas, Mujahid, Muqatil dan Muqatadah.

Nama keturunan jin..!!!

1. JIN WISWAS atau ZULWASWAS
Para tafsir menafsirkan surat annas yang ada pada ayat ke empat yang berbunyi “Minsyaril waswaasil khannaas” berdasarkan ayat ini maka keturunan Jin ini diberi nama Wiswas atau Zulwaswas karena suka membisiki hati manusia dan sekaligus menjadikan hati manusia menjadi was-was dan tidak tenang.

2. AZAB BIN AZYAB
Jin ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Ka’ad bin Malik, bahwa ketika kami sedang berbaiat kepada Rosullullah SAW setan berteriak dari puncak bukit dengan suara yang sangat keras dan sangat jauh yang sama sekali aku belum pernah mendengarkannya, maka Rosullullah SAW kemudian bersabda yang artinya: “Ini adalah Azab Al’Aqobah, ini adalah Ibnu Azyab, apakah engkau mendengar wahai musuh Allah?” (HR. Imam Ahmad)

3. KHONZAB WAL KHAN
Jin ini dijelaskan dalam riwayat bahwasannya Usman Bin Abi Al Ash mendatangi nabi Muhammad SAW, maka dia berkata: “Wahai Rosullullah, sesungguhnya setan atau jin telah menghalangi antara aku dan solatku dan bacaanku dan dia mengacaukannya.” Maka Rosullullah SAW bersabda: “Itu adalah setan yang dikenal dengan ‘Khonzab’ jika engkau merasakannya maka berlindunglah kepada Allah darinya dan berludahlah kesebelah kirimu tiga kali.” (HR. Muslim)

4. WALHAN
Jin ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At tirmidzi mempunyai kebiasaan mengganggu manusia ketika manusia sedang berwudhu. Sebagaimana sabda Rosullullah SAW yang artinya: “Ketika berwudhu ada setan (yang mengganggu) ia disebut dengan Walhan maka berhati-hatilah kepadanya,” (HR.Ahmad)

5. GHILAN DAN GHUL
Jin ini adalah jenis jin yang mengganggu manusia ketika akan mengumandangkan azan. Diriwayatkan oleh Ahmad didalam musnad dan juga diriwayatkan oleh Abdul Rojak, Annasa’i dan Thabrani dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rosullullah SAW bersabda yang artinya: “Apabila Ghilan menakut-nakuti kalian maka serulah azan.” (HR.Ahmad)

6. KHUBUTS ATAU KHOBAAITS
Jin ini adalah jenis jin yang suka menempati tempat-tempat yang kotor, rumah yang tidak dihuni oleh manusia dalam waktu yang lama, tempat pembuangan sampah dan WC atau kamar mandi. “Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Annas bin Malik Bahwasannya Rosullullah SAW bila masuk tempat pembuangan hajat, beliau mengucapkan doa ‘ya Allah aku berlindung dari Khubuts (setan laki-laki) dan Khobaaits (setan perempuan).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah pemaparan artikel mengena 6 nama keturunan jin, semoga bermanfaat. Dan semoga setelah anda membaca artikel ini bisa menambah pengetahuan dan keimanan anda kepada Allah SWT. amin