SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Tuesday 4 August 2015

On 04:39 by Unknown in
SOCIALIZE IT →


7 JEJAK PENINGGALAN ROSULLULLAH SAW YANG MASIH ADA SAMPAI SEKARANG
Seperti yang kita ketahui Rosullullah SAW adalah nabi terahir yang diutus oleh Allah SWT, beliau hidup pada ribuan tahun yang lalu dan meninggalkan banyak jejak sejarah dalam perjalannanya menyebarkan ajaran agama islam.
Taukah anda bahwa ada beberapa peninggalan Rosullullah SAW yang masih ada sampai sekarng, jejak-jejak peningalan masih ada dibeberapa tempat diantaranya adalah di Istambul, Turki, Yordania, Irak dan beberapa negara timur lainnya.
Lalu apa sajakah jejak peninggalan Rosullullah SAW yang masih ada sampai sekarang, berikut kami akan memaparkannya.

1. Pohon Nabi
Pohon nabi ini menjadi jejak peninggalan nabi Muhammad SAW yang masih ada hingga kini, pohon ini terletak ditengah padang pasir Muakawiyah yang terletak di Yordania dari letak geografisnya dia dekat dengan kota Borsadisuryah dan pohon ini diberi nama satu-sat
unya sahabat nabi yang masih hidup, pohon nabi ini juga menjadi bukti kenabian nabi Muhammad SAW dan sepertinya pohon nabi ini dibiarkan tetap hidup oleh Allah agar menjadi kenangan dan mengingat sejarah masa lalu, karena masalalu waktu Rosullullah SAW berjalan menuju Syam bersama Maisarah atau pembantunya Khodijah ra mendadak Rosullullah SAW pernah berhenti dibawah pohon ini sebelum sampai kesana, pada saat Rosullullah SAW berteduh dibawahnya dahan dan ranting pohon ini bergerak menaungi beliau dari panasnya terik matahari. Dan seseorang yang melihat hal itu mendatangi Maisarah lalu menunjukan kepadanya lalu berkata: “Hanya seorang nabi saja yang berteduh dibawah pohon itu.” Hingga sampai sekarang pohon itu tetap subur bahkan ditengah-tengah padang pasir yang kering. Allah SWT menghidupkannya dengan kehendaknya.

2. Helai Rambut Rosullulah SAW
Ternta helai rambut Rosullullah sampai saat iini masih ada, helaian rambut tersebut beberapanya diambil oleh para sahabat saat rambut belau rontok, dan helaian rambut tersebut masih tersimpan rapid dibeberapa tempat diantaranya di Turki dimasjid Sayidina Husen dan dimasjid Syidi Ahmad bakdawi di Mesir.


3. Jejak kaki Rosullullah SAW
Kemanapun Nabi Muhammad menginjakkan kakinya ke bumi pasti akan membekas dipadang pasiir maupun direrumputan dan cetakan kakinya ini disimpan di musium Top Caffi Turki.

4. Gigi Rosullullah SAW
Jejak peninggalan Rosul SAW yang masih ada sampai sekarang adalah gigi beliau, gigi Rosullullah SAW pernah lepas sebanya empat buah dikala perang uhud. Dan gigi beliau ditemukan di bukit uhud madinah Arab Saudi dan di musium Top Caffi.

5. Gamis Rosullullah
Peninggalan Rosullullah yang lainnya adalah gmis Rosullullah SAW yang lusuh dan sederhana, karena sesungguhnya pakaian yang paling disenangi Rosullullah SAW adalah gamis, ini diriwayatkan oleh Muhammada bin Humain Araji dari Al Fadal bin musa diriwayatkan pula oleh Abu Tamilah dan Zaid bin Khotob ketiganya menerima dari Abdul Mu’min Bin Kholid dari Abdullah bin Huraidah dan semuanya bersumber dari Ummu Salamah ra.

6. Sumur Aris
Sumur Aris adalah sebuah sumur dimadinah yang berada didekatnya masjid Kubah, tepatnya disebelah barat dari banyak hadis dijelaskan bahwa Rosullullah SAW sering duduk-duduk disini dan memanfaatkan airnya. Pernah pada suatu hari beliau pernah menyiramkan air pada betisnya dan menggosok-gosokannya. Dan ini tampak jelas terliahat oleh Abi Musa ra kemidian nama sumur ini terkenal dengan nama sebutan Bi’riul Khotib atau sumur cincin karena cincin Rosullullah hilang dijatuhkan oleh Sayidina Usman Bin Afan di sumur ini.

7. Terompah Rosullullah SAW
Gambar terompah atau sendal Rosullullah SAW, Ibnu Umar berkata: “Saya melihat Rosullullah SAW menggunakan sandal yang gundul tak berbulu, beliaupun berwudu tanpa melepaskannya. Karena itu, sayapun suka menggunakannya.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud,Bukhari, Malik, dan Ahmad).

Dmikianlah pemaparan 7 jejak peninggalan Rosullullah SAW yang masih ada sampai sekarang, namun kebenaran akan hal itu kembali pada pribadi kita masing-masing, kita sebagai umat muslim hanya harus mempercayai bahwa begitu besarnya perjuangan Rosullullah SAW dalam menyebarkan ajaran islam. Dilihat dari jejak peninggalan bersejarah itu menjadi bukti dan saksi bisu bagaimana perjuangan Rosullullah SAW dalam menyebarkan Ajran agama Islam.