SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Tuesday 19 May 2015

On 19:47 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

DEFINISI GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA


Indonesia adalah negara dengan sejuta pulau. Pulau-pulau indonesia menyimpan banyak keindahan alam didalamnya, gunung merupakan salah satu bentuk keindahan alam yang dimiliki Indonesia dan gunung-gunung yang menjadi paforit bagi para pencinta alam untuk dijadikan tempat menyalurkan hoby dan kesenangan.
 unsur pembentuk GUNUNG
Gunung sejatinya terbentuk karena banyak faktor, salah satunya adalah pergeseran lempengan bumi. Gunung berupa gundukan tanah yang menonjol keatas diwilayah sekitarnya, Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.
Gunung terdapat di beberapa pulau indonesia, gunung memiliki ketinggian rata-rata 2000 meter dari permukaan air laut, berikut ini kami uraikan 13 gunung tertinggi di Indonesia
Gunung Puncak Jaya
,Gunung Puncak Mandala,Gunung Puncak Trikora,Gunung Naga pilimsit,Gunung Kerinci,Gunung Rinjani,Gunung Semeru,Gunung Sanggar,Gunung Rantemario,Gunung Selamet,Gunung Leuser,Gunung Agung,
Bukit Raya atau Gunung Raya.

13 GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA

1. GUNUNG PUNCAK JAYA
Gunung Puncak Jaya
Papua
Puncak Jaya adalah salah satu gunung yang masuk kedalam tujuh gunung dengan puncak tertinggi (summits seven). Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 4884 meter dari permukaan air lau. Gunung puncak jaya ini berada dipulau Papua provinsi Papua, gunung ini memiliki nama lain Cartensz Pyramid. Gunung ini ditaklukan pertama kali oleh Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel pada tahu 1936.





2. GUNUNG PUNCAK MANDALA

Gunung Mandala
Papua
Gunung puncak Mandala adalah gunung yang bertetanggaan dengan gunung Puncak Jaya, karena gunung ini terletak dipulau yang sama yakni pulau Papua. Gunung ini juga memiliki ketinggian yang hampir sama dengan gunung Puncak Jaya, ketinggian mencapai 4769 meter dari permukaan air laut. Tetapi gunung puncak mandala ini tidak termasuk tujuh puncak tertinggi di dunia (summits seven). Gunung ini ditaklukan pertama kali oleh Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Piet ter Laa pada tahun 1959.




3. HUNUNG PUNCAK TRIKORA
Gunung Trikora
Papua
Papua bisa dibilang wilayah puncak, karena bterdapat banya gunung dengan puncak tinggi di pulau Papua. Tidak hanya kedua gunung diatas, gunung Puncak Trikora juga terletak di pulau Papua, Provinsi Papua. Nama lain dari gunung Puncak Trikora ini adalah Wilhelmina Peak  yang dugunakan hingga tahun 1963. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 4750 meter diattas permukaan air laut dan ditaklukan pertama kali oleh Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg pada tahun 1913.







4. GUNUNG NAGA PALIMSIT
Gunung Naga Pilimsit
Papua
Masih dipulau Papua, Naga Pilimsit adalah gunung dengan ketinggian 4717 meter dari permukaan air laut di provinsi Papua. Gunung Pilimsit ini pernah diberi nama oleh kolonial Belanda dengan sebutan Mount Idenberg. Gunung ini pertama kalli ditaklukan oleh Heinrich Harrer and Philip Temple  pada tahun 1962.







5.GUNUNG KERINCI
Gunung Kerinci
Jambi
Gunung Kerinci adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia, gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 3805 meter dari permukaan air laut. Gunung ini berada di pulau Sumatra dan lebih tepatnya di provinsi Jambi. Sebutan dari gunung ini adalah Peak of Indrapura/Indrapoera dan pertama kali ditaklukan oleh Arend Ludolf van Hasselt en Daniël David Veth pada tahun 1817. Gunung ini termasuk gunung berapi yang masih aktif, gunung ini menyandang predikat dengan gunung api tertinggi di Indonesia.





6. GUNUNG RINJANI
Gunung Rinjani
Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani termasuk gunung yang banyak digemari oleh para pendaki. Gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Gunung ini berada di pulau Lombokn Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB). Gunung dengan ketinggian 3726 meter dari permukaan air laut ini masih menyandang sebagai gunung yang masih aktif/berapi. Gunung ini memiliki banyak keindahan dan salah satunya adalah danau Segara Anak seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak di gunung Rinjani banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing.



7. GUNUNG SEMERU
Gunung Semeru
Jawa Timur
gunung Sumeru adalah masuk dalam  13 gunung tertinggi di indonesia dan juga salah satu gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya bernama Mahameru, memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang. Posisi gunung ini terletak di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Gunung Semeru termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera Gn.Tengger antara lain; Gn.Bromo (2.392m) Gn. Batok (2.470m) Gn.Kursi (2,581m) Gn.Watangan (2.662m) Gn.Widodaren (2.650m). Terdapat empat buah danau (ranu): Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo dan Ranu Darungan. Flora yang berada di wilayah Gunung Semeru beraneka ragam jenisnya tetapi banyak didominir oleh pohon cemara, akasia, pinus, dan jenis Jamuju. Sedangkan untuk tumbuhan bawah didominir oleh Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong dan Edelwiss putih, Edelwiss yang banyak terdapat di lereng-lereng menuju puncak Semeru. Dan juga ditemukan beberapa jenis anggrek endemik yang hidup di sekitar Semeru Selatan. Banyak fauna yang menghuni gunung Semeru antara lain : macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dll. Sedangkan di Ranu Kumbolo terdapat belibis yang masih hidup liar.




8. GUNUNG SANGGAR

Gunung sanggar termasuk gunung yang bertetanggaan dengan gunung rinjani, karena gunung ini terdapat dikepulauan Lombaok di provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB). Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3564 dari permukaan laut.





9. GUNUNG RANTEMARIO
Gunung Rantemario
Sulawesi Selatan
gunung Rantemario termasuk gunung tinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 3479 meter dari permukaan air laut. Gunung Rantemario terletak di pulau Sulawesi di provinsi Sulawesi selatan. Gunung rantemario dikenal juga dengan sebutan bulu Rantenmario. Gunung Rantemario merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Namun, beberapa pihak berpendapat Gunung Rantemario kalah tinggi dibanding Gunung Rantekombola yang terletak di wilayah pegunungan yang sama.





10. GUNUNG SELAMET
Gunung Selamet
Jawa Tengah
Gunung Selamet adalah gunung berapi yang berada di mulayah jawa tengah, gunung ini memiliki ketinggian 3428 meter dari permukaan laut dan menyandang gelar gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi kedua dipulau Jawa setelah gunung Semeru. Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.





11. GUNUNG LEUSER
Gunung Leuser
Aceh
Gunung Leuser adalah gunung tertinggi di Aceh dengan ketinggian 3.404 mdpl. Gunung Leuser terletak di sebelah tenggara Aceh, dekat perbatasan dengan Sumatera Utara. Gunung Leuser terletak di dalam Taman Nasional Gunung Leuser yang mengambil nama gunung ini sebagai namanya. Sedangkan Taman Nasional Gunung Leuser dan area disekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.




 


12. GUNUNG AGUNG
Gunung Angung
Bali
Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali. Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar. Dari puncak gunung Agung kita dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di pulau Lombok di sebelah timur, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan, kepulauan Nusa Penida di sebelah selatan beserta pantai-pantainya, termasuk pantai Sanur serta gunung dan danau Batur di sebelah barat laut.



13. GUNUNG BUKIT RAYA ATAU GUNUNG RAYA

Gunung Bukit Raya
Kalimantan Tengah
Bukit Raya atau Gunung Raya adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Gunung ini adalah gunung tertinggi di Kalimantan yang masuk dalam wilayah Indonesia, memiliki ketinggian 2.278 mdpl. Kawasan sekitar Bukit Raya menjadi cagar alam, dan bersama-sama dengan Cagar Alam Bukit Baka di Kalimantan Barat merupakan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.



demikianlah artikel mengenai 13 gunung tertinggi di indonesia, semoga kita sebagai warga negara Indonesia bangga karena memiliki tempat tinggal yang kaya akan keindahan alam yang tak ternilai harganya, semoga keindahan dari gunung-gunung yang ada di Indonesia selalu terjaga keindahannya. amin