SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Friday 29 May 2015

On 06:22 by Unknown in
SOCIALIZE IT →
 4 PERSIAPAN MENYAMBUT BULAN SUCI RAHMADHAN


"ya Allah, berkatilah kami pada bulan rajab dan sya'ban dan sampaikanlah kami kebulan rahmadhan"

"Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah ta'ala dan Rosul-Nya, apabila rosul menyeru kamu kepada seatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah ta'ala membatasi antara manusia dan hatinya, dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan" (Al-anfal : 24)

Saudara seiman yang dirahmati Allah, tidak terasa bulan suci, bulan magfirah,bulan penuh rahmat, bulan diturunkanya Al-qur'an, bulan yang didalamnya terdapat lailatil qodr yang dinanti-nanti sudah dihadapan mata. Hanya hitungan hari menuju bulan mulia itu. Karena kemuliaan spesialnya byulan tersebut maka sudah seharusnya kita sebagai umat islam mempersiapkan diri.
Persiapan yang kami maksud bukan hanya menunggu datangnya bulan rahmadhan, tetapi persiapan disini adalah mempersiapkan bekal untuk bekal dibulan rahmadhan. Tujuan mempersiapkan bekal ini bermaksud untuk mengoptimalkan ibadah kita pada bulan yang didalamnya terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Ada 4 persiapkan menyambut bulan suci rahmadhan diantaranya sebagai berikut:


Pertama, Persiapan Ruhiyah
Rosullullah memberikan contoh kepada kita untuk senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut puasa. Aisyah pernah berkata "Rosullullah SAW tidak pernah berpuasa sunah disatu bulan lebih banyak dari pada bulan sya'ban" (HR. bukhari). iIbadah lain yang harus dipersiapkan seperti perbanyak tilawah,qiyamullail,solat berjama'ah di masjid, al-ma'tsurat, kubra pagi dan petang,sedekah dsb. Hal ini dimaksudkan agar sejak bulan sya'ban  kadar keimanan kita sudah meningkat.
Boleh dikiaskan bulan rajab dan sya'ban adalah masa warming up sehinggga ketika memasuki rahmadhan kita sudah menjalani ibadah saum dan sebagainya itu sudah menjadi hal yang biasa. Orang sadar maupun yang tersadarkan memahami bahwa mempersiapkan keimanan itu bukan hanya bukan pada bulan sya'ban ini saja, tetapi harus dipersiapkan setiap hari, namun pada momentum ini diharapkan untuk mningkatkan persiapanya. Bulan sya'ban ini juga bisa dikatakan sebagai bulan batu loncatan untuk oktimalisasi ibadah dibulan rahmadhan nanti.

Kedua, Persiapan Jasadiyah
untuk memasuki bulan rahmadhan kita memerlukan fisik yang lebih prima dari biasanya, sebab jika fisik lemah, maka bisa-bisa kemuliaan yang dilimpahkan Allah pada bulan rahmadhan tidak bisa kita raih secara optimal. Maka sejak bulan sya'ban ini mari kita persiapkan fisik kita seperti berolah raga secara teratur, membersihkan rumah dan makan makanan yang bergizi.

Ketiga, Persiapan Maliyah
Harta ini bukan untuk membeli keperluan buka puasa atau hidangn lebaran sebagaimana tradisi kita selama ini. Mempersiapkan harta untuk melipat gandakan sedekah, karena rahmadhanpun merupakan bulan memperbanyak sedekah, pahala sedekah pada bulan ini berlipat ganda dibulan-bulanbiasa.

Keempat, Persiapan Fikriyah
Rahmadhan bisa optimal, dibutuhkan wawasan yang benar tentang rahmadhan. Mu'adz bin Jabal R.A berkata: "hendaklah kalian memperhatikan ilmu,karena mencari ilmu karna Allah adalah ibadah".
Imam ibnul qoyyim al-jauziyah mengomentari atsar diatas, "orang yang berilmu mengetahui tingkatan-tingkatan ibadah, perusak-perusak amal, dan hal-hal yang menyempurnakannya dan apa-apa yang menguranginya"
Oleh karena itu ketika kita mau beramal tentulah harus mempunyai ilmu, jika tidak, bisa-bisa akan menjadi banyak kerusakan. Cara untuk mempersiapkan ini antara lain dengan membaca berbagai bahan rujukan dan menghadiri majelis ilmu tentang rahmadhan. Kegiatan ini berguna untuk mengarahkan kita agar beribadah sesuai dengan tuntunan Rosullullah SAW, selama rahmadhan. Menghapal ayat-ayat dan do'a-do'a yang berkaitan dengan berbagai masalah dalam fiqih puasa, juga penting untuk dipersiapkan.
Semoga persiapan kita, mengantarkan ibadah shaum dan berbagai ibadah lainya, sebagai yang terbaik dalam sejarah bulan rahmadhan yang kita jalani.
Demikian tips 4 persiapan menyambut bulan suci rahmadhan, semoga bermanfaat.