SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Tuesday 19 May 2015

On 19:55 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

Gunung Rinjani
Nusa Tenggara Barat

DEFINISI GUNUNG
Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Dan idonesia merupakan salah satu negara yang unik dan menarik, selain memiliki banyak pulau Indonesia juga memiliki banyak gunung yang menempati masing-masing dari pulau. Dari beberapa otoritas mendefinisikan bahwa gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu, seperti  Encyclopedia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki atau 610 meter agar bisa didefinisikan sebagai gunung. 
dimana letak  GUNUNG RINJANI..?

Gunung Rinjani, adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia, gunung Rinjani terletak di kepulauan Lombok, di Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa ini memiliki ketinggian 3726 meter dari permukaan air laut dan menyandang setatus sebagai gunung berapi.

stratigrafi GUNUNG RINJANI
Secara stratigrafi, Gunung Rinjani dialasi oleh batuan sedimen klasik Neogen (termasuk batu gamping), dan setempat oleh batuan gunungapi Oligo-Miosen. Gunungapi Kuarter itu sendiri sebagian besar menghasilkan piroklastik, yang dibeberapa tempat berselingan dengan lava. Litologi itu merekam sebagian peletusan yang diketahui dalam sejarah. Sejak tahun 1847 telah terjadi 7 kali peletusan, dengan jangka istirahat terpendek 1 tahun dan terpanjang 37 tahun.
Seperti pada gunung api lainnya, Koesoemadinata (1979) menyebutkan bahwa aktivitas kegunungapian Rinjani pasca pembentukan kaldera adalah pembangunan kembali. Kegiatannya berupa efusiva yang menghasilkan lava dan eksplosiva yang membentuk endapan bahan-lepas (piroklastik). Lava umumnya berwarna hitam, dan ketika meleler tampak seperti berbusa. Peletusan pasca pembentukan kaldera relatif lemah, dan lava yang dikeluarkan oleh kerucut G. Barujari dan G. Rombongan relatif lebih basa dibanding lava gunungapi lainnya di Indonesia. Kemungkinan terjadinya awan panas ketika letusan memuncak sangat kecil. Bahan letusan umumnya diendapkan di bagian dalam kaldera saja.

Disebelah barat gunung rinjani ini memiliki Kaldera dengan luas mencapai 3500 meter x 4800 meter yang memanjang kearah timur dan barat. Didalam kaldera yang luas ini terdapat danau dengan luas mencapai 11000.000 meter persegi dengan kedalama 230 meter yang disebut danau Segara Anak. Air dari danau ini mengalir terus melewati tempat-tempat yang curam sehingga membentuk air terjun yang sangat indah dan menakjubkan. Di Segara Anak inilah banyak para pendaki yang menyalurkan hoby atau sekedar melepaskan rasa lelah dengan memancing ikan mujahir dan ikan mas di Segara Anak ini.

Obyek lainnya di sekitar Danau Segara Anak adalah Hulu Sungai Koko Puteq sekitar 150 meter dari Danau Segara Anak. Selain itu terdapat pula Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung.
Goa Susu dipercaya dapat dijadikan media bercermin diri serta sering pula dipergunakan sebagai tempat bermeditasi. Sedangkan di bagian bawah Danau Segara Anak terdapat sumber air panas (Aik Kalak Pengkereman Jembangan) yang biasa digunakan untuk menguji dan memandikan benda-benda bertuah (Pedang, Keris, Badik, Tombak, Golok, dll) dimana jika benda-benda tersebut menjadi lengket apabila direndam itu menandakan benda-benda tersebut jelek/tidak memiliki kekuatan supranatural, sebaliknya apabila benda-benda tersebut tetap utuh berarti benda tersebut memiliki kekuatan supranatural/dipercaya memiliki keampuhan.

Disebelah timur kaldera terdapat Gunung Barujari. Gnung yang berukuran 170 meter x 200 meter dan memiliki ketinggian sekitar 2296-2376 meter dari permukaan air laut  ini sebelumnya tercatat meletus pertama kali pada tahun 1944(pembentukannya),1966 dan 1994. Selang sepuluh tahun kemudian gunung kecil ini kembali meletus pada tahun 2004 tidak memakan korban jiwa namun tahun  2009 kembali meletus dan menyebabkan korban jiwa, korban jiwa tidak langsung jatuh ketika gunung Barujari ini meletus tetapi ini dikarenakan adanya luapan banjir bandang pada Kokok Tanggak atau Sungai Tanggak akibat desakan dari lava ke Segara Anak.
mitos mengenai GUNUNG RINJANI
Mitosnya, Gunung Rinjani menyimpan sejumlah misteri. Salah satu misteri terbesarnya adalah Dewi Anjani
. Dewi Anjani konon adalah keturunan langsung Raja Selaparang hasil dari pernikahan sang Raja dengan mahkluk halus yang bermukim di gunung Rinjani ketika dia memohon hujan untuk daerahnya karena kekeringan panjang yang melanda kerajaan Seleparang pada masa itu. Karena itulah sampai saat ini masyarakasuku Sasakt dan Hindu Darma di pulau Lombok sering melakukan ritual Mulang Pekelem yaitu ritual memohon hujan kepada Dewi Anjani dengan memberikan sesembahan berupa lempengan emas yang berbentuk segala macam mahkluk air dengan cara ditenggelamkan ke danau Segara Anak.

Bagi para pencita alam nusantara, banyak yang datang ke pulau lombok untuk melakukan pendakian gunung Rinjani, gunung yang menyipan sejuta keindahan dan tinggi puncak yang luar biasa menantang untuk ditaklukan. Menaklikan gunung rinjani memang sangat sulit tetapi dibalik kesuloitan dalam pendakian gunung Rinjani ini tersimpan keindahan yang akan membayar rasa sulit ada dalam mendaki gunung Rinjani. Rute pendakian gunung rinjani biasanya dilakukan dengan ekspedisi pendakian selama 4-5 hari, mulai dari Senaru dan berakhir di Sembalun Lawang. Para trekker mulai dari Senaru mendaki ke lereng kawah yang menakjubkan, lalu menuruni danau kawah yang indah dan melanjutkan ke Sembalun Lawang.

Setelah melakukan pendakian dan menikmati indahnya puncak, segara anak gunung rinjani anda juga bisa membawa oleh-oleh utama asal lombok berupa kerajinan barang-barang yang dapat digunakan sehari-hari, namun mencerminkan keterampilan yang bagus. Kerajinan tangan dibuat menggunakan teknik tradisional dari bahan alam lokal.
Tentu kita sebagai warga negara Indonesia bangga karena Indonesia menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat mengesankan, salah satunya Gunung Rinjani. Keindahan gunung rinjani ini merupakan salah satu bentuk karunia Allah. Oleh karenanya kita sebagai warga negara Indonesia memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikan keindahan-keindahan yang berada di Nusantara ini yang salah satunya gunung rinjani. Semoga gunung rinjani menjadi gunung yang selalu terjaga akan keindahan fanorama alamnya. kunjungi juga 13 gunung tertinggi di Indonesia