SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Sunday 31 May 2015

On 03:00 by Unknown in
SOCIALIZE IT →





BAHAYA MENGKONSUMSI ALKOHOL



miras
pada kelompok masyarakat tertentu, mengkonsumsi alkohol seperti kebanggaan tersendiri. Memang ada dampak positif mengkonsumsi alkohol,tapi itu hanya didapat bila dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan secara terus-menerus, alkohol sangat membahayaka. Alkohol adalah senyawa yang mempunyai molekul yang sangat kecil dan larut air serta lemak, sehingga mudah larut dalam aliran darah dan menembus otak. Karena itu, target utama alkohol adalah otak dan sistem saraf pusat. Dosis rendah alkohol memberikan efek relaksasi, menurunkan ketegangan, inhibisi, konsentrasi dan memperlambat reflek. Dalam dosis sedang memperlambat bicara dan drowsy serta penuruna emosi. Pada dosis tinggi menyebabkan mual, muntah, gangguan pernapasan, penurunan kesadaran, koma bahkan kematian. Bahkan sebuah penelitian menunjukan bahwa seseorang yang menenggak minuman keras lebih dari 100 gelas per bulan memiliki potensi yang tinggi dalam kehancuran otak.


Selain itu bahaya mengkonsumsi alkohol juga berdampak signifikan terhadap sistem kardiovakuler. Alkohol dapat menyebabkan pembengkakan jantung yang dapat menggiring kerah terjadinya gagal jantung kongestif. Penelitian terkini menyatakan bahwa ada hubungan positif antara konsumsi alkohol dan kejadian kardiomyopati (kelainan otot jantung). Dan juga bahaya mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah pada saluranya, termasuk diotak.

Yang amat menakutkan adalah yang berikut ini. Menurut Frof. Dr Wimpie Pangkahila, seorang ahli andrologi seksologi, penggunaan alkohol dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan fungsi seksual. Apakah hanya untk kaum lelaki? Ternyata tidak. Menurut beliau, ternyata gangguan seksual karena mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak itu terjadi baik pada peria maupun wanita. Masalah seksual yang terjadi pada pria alkoholik disebabkan oleh penurunan produksi hormon testostereon. Testostereon menyebabkan terjadinya peningkatan, baik relatif maupun absolut, hormon estrogen. Ini terjadi lantaran berlangsungnya penekanan atau penurunan dorongan seksual karena berkurangnya testostereon bebas yang aktif. Sedangkan pada wanita alkoholik terjadi pada kesulitan perangsangan dan hambatan orgasme. Bahkan bukan hanya itu. Wanita yang banyak mengkonsumsi alkohol akan mengalami proses penuaan dini. Nah, kalo sedah begitu apa yang harus dilakukan? Tentu saja menghindari factor risikonya itu, selain itu memperbanyak mengkonsumsi antioksidan. Dan salah satu anti oksidan.

Terimakasih, semoga bermanfaat..