SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Monday 18 May 2015

On 09:09 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

PANDUAN LENGKAP DAN JITU BUDIDAYA IKAN MAS

definisi ikan mas
Ikan mas, tentu nama yang tidak begitu asing. Ikan tawar bersisik ini merupakan ikan yang banyak digemari karena dagingnya yang empuk dan lembut juga rasanya yang nikmat dengan dibuat beraneka olahan masakan.
Ikan ini sangat populer dieramodern ini, banyak orang yang langsung terjun untuk mendirikan usaha budidaya ikan ini, selain mudah dibudidayakan ikan ini memiliki harga pasaran yang relatif setabil dan tinggi. Dewasa ini, usaha budidaya ikan mas terbagi dalam dua segmen, yakni usaha pembenihan dan pembesaran. Usaha pembenihan menghasilkan bibit ikan untuk dibesarkan lebih lanjut. Pemeran pasar usaha pembenihan adalah petani ikan yang menekuni usaha pembesaran. Sedangkan usaha pembesaran menghasilkan ikan ukuran konsumsi, pangsa pasarnya konsumen akhir.
Dalam hal ini kami akan menguraikan Panduan Lengkap Dan Jitu Budidaya Ikan Mas sebagai berikut:
 
1.PEMBUATAN KOLAM
Seperti pada budidaya ikan lainya pembangunan kolam yang digunakan adalah dinding beton dan dasar pada kolamnya adalah tanah dengan ukuran 10 mx 5 mx 1,5 m. akan tetapi untuk ukuran dapat juga berfariasi tergantung lahan yang kita miliki kemudian kolam di lakukan pengeringan yang berfungsi untuk menghilangkan hama dan kuman / mikro organisme yang terkandung dalam kolam ikan budidaya. 
 Kolam harus dipastikan kuat dan memiliki sistem out dan input air yang bagus agar kualitas air sekaku terjaga sehingga ikan tidak mengalami kesetresan. Desain kolam tidak harus berbentuk segi empat, bisa juga dibentuk oval ataupu bulat. 
setelah kolam terbentuk, tahap selanjutnya jangan langsung diisi air, melainkan didiamkan sampai beberapa hari gar dasar kolam kering. Ini bertujuan agar semua penyakit yang nantinya akan mengganggu peryumbuhan atau menyebabkan kematian pada ikan mas hilang.

 Jika dalam proses pengeringan, tiba-tiba hujan maka bisa dengan menambahkan pupuk Urea dan kapur. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kandunga asam pada air dan untuk membunuh mikro organisme patogen. jenis kapur yang digunakan adalah kapur dolomit, dengan ukuran secukupnya.

2. PENGISIAN AIR
Pengisian air pada kolam dapat dilakukan dengan bertahap, dengan pengisian awal setinggi 30-50 cm. Hal ini bertujuan agar makanan alami bagi ikan bisa tumbuh dengan maksimal. Air kolam dapat ditambah secara bertahap menyesuaikan kebutuhan ikan, karena semakin besar ukuran kolam maka semakin besar pula volume air yang dibutuhkan.  setelah kolam diisi, biarkan air kolam 7-10 hari agar makanan alami ikan tumbuh dan kandungan asam terlarut setabil.

3. PENEBARAN BIBIT
sebelum melakukan penebaran bibit pada kolam, maka langkah yang harus diambil adal dengan memilih bibit yang berkualitas.
bibit berkualitas memiliki ciri-ciri 
a. ikan terlihat agresif dan aktif
b. warna ikan terlihat lebih mengkilat
c. ukuran ikan seragam
jika memungkinkan timbang bibit ikan mas, dan pilih berat yang seragam,dengan berat rata-rata 100 gram per ekor, dengan ukuran demikian maka benih memiliki daya tahan terserang penyakitnya lebih besar.
 
Sebelum bibit ditebar, siapkan dulu bejana untuk menaruh bibit yang telah diisi air kolam, masukan bibit kebejana dan biarkan 3-5 menit, hal ini bertujuan agar benih bisa menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang baru. setelah 3-5 menit tebarkan benik kekilam secara perlahan.

4. PEMBERIAN PAKAN
Pakan  memiliki perana yang penting dalam budidaya ikan mas ini, karena semakin bagus pakan yang diberikan maka t]pertumbuhan ikan mas juga semakin cepat, rata-rata pakan yang dijual ditoko-toko sudah banyak yang memenuhi kebutuhan ikan. Tetapi untuk menghemat modal maka kita harus memberikan pakan alternati lainya. pemberian pakan menyesuaikan ukuran ikan dengan nomor pakan yang berbeda. ikan biasanya diberi pakan 3 kali dalam sehari, yakni pagi,siang dan sore.

5. PEMELIHARAAN AIR
Pemeliharaan air pada kolam tanah tidak begitu ditekankan sedemikian rupa, apalagi kolam yang memiliki sirkulasi output dan input air yang bagus. Penambahan air bisa dilakukan dengan penambahan secara berkala dengan melihat volume air, jika air berkurang karena penguapan maka perlu kiranya kolam ditambah kedalam tinggi semula.

6. PANEN
Panen tentu hal yang sangat mudah, karena panen proses ahir dari siklus budidaya. panen dilakukan bila ikan mas suda memenuhi setandar konsumsi pasaran, tergantung permintaan pasar seberapa besar ikan yang diminta.

7. SETELAH PANEN
Jika pemanenan telah dilakukan, hal yang harus kita lakukan adalah menguras kolam dam mengeringkanya. setelah kering dasar kolam harus dibajak dan dilakukan pengapuran lagi. hal ini dilakukan sipaya bibit penyakit sisa panen hilang, dan supaya mikro organisme sebagai pakan alami ikan dapat tumbuh kembali.
demikian Panduan Lengkap Dan Jitu Budidaya Ikan Mas dari kami
semoga bermanfaat
terimakasih


lihat juga: