SITUS ILMU ISLAM DAN UMUM

Friday 15 May 2015

On 18:27 by Unknown in
SOCIALIZE IT →

“BARANG SIAPA MEMBACA SUTAT AL-KAHFI PADA HARI JUUM’AT , DIA AKAN DISIANARI DIANTARA DUA JUM’AT”
(HR.an-Nasa’i dan Baihaqi)

Imam ja’far ash-shadiq (ra) berkata. “Barang siapa yang membaca surat al-kahfi setiap malam jum’at, ia diampuni dosanya antara jjum’at dan jum’at berikutnya”.
Hadis ini bersumber dari Ayub bin Nuh dari muhammad bin abi Hamzah dari Imam ja’far bin ash-shidiq.
Didalam surat al-Kahfi Allah SWT  menceritakan tiga kisah masa lalu, yaitu kisah Ashabul kahfi, kisah pertemuan nabi Musa AS dan nabi Khidzie AS serta kisah Dzhulkarnain. Ada juga kisah perumpamaan dua orag laki-laki, kafir dan muslim.
Kisah ashabul khahfi mendapatkan perhatian lebih dengan digunakannya sebagai nama surat dimana terdapat tiga kisah tersebut.


Ashabul khahfi adalah nama sekelompok orang yang beriman yang hidup pada masa raja Diqyanus di romawi, beberapa ratus tahun sebelum diturunkan nabi Isa AS.
Ashabul khahfi melarikan diri dari raja yang zolim, yang mengaku dirinya sebagai tuhan. Ketika mereka lari dari raja itu, sampailah mereka disebuah mulut gua yang kemudian dipakai sebagai tempat persembunyian.
Dengan izin Allah mereka kemudia ditidurkan selama 309 tahun didalam gua dan kemudian mereka dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT.
Surat al-Kahfi merupakan berkah yang luar biasa sehingga patut dipelajari dan dipahami makna-maknanya dan sekuat tenaga berusaha untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu amalannya adalah membacanya ketika malam jum’at sebagaimana yang dianjurkan Rosullullah SAW.
“barang siapa membaca surat al-kahfi pada hari jum’at, dia akan disinari cahaya diantara dua jumat”
(HR.an-nasa’i dan baihaqi)
Syaikh al-Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih sebagai mana dalam shalihul jami’.
daripada Umar dia berkata, Nabi SAW. Telah bersabda,”Siapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari jum’at, maka bersinarlah cahaya daripada bawah kakinya hingga kelangit, untuknya dihari kiamat dan diampunkan diantara dua jum’at”
(HR.Ibnu Katsir)
Imam ja’far Ash-Shadiq ra berkata: “Barang siapa yang membaca Surat al-Kahfi setiap malam jum’at, dia diampuni dosanya antara jum’at dan jum’at berikutnya” Hadis ini  bersumber dari Ayub bin Nuh dari Muhammad bi Abi Hamzah dari Imam Ja’far ash-Shadiq.
Imam Ja’far ash-Shadiq berkata: “barang siapa yang mebaca surat al-Kahfi setiap malam jum’at, ia tak akan mati kecuali mati sahid. Allah akam membangkitkan sebagai seorang yang mati sahid, dan pada hari kiamat ia akan bersama orang-orang yang sahid”
Rosullullah SAW bersabda,”Maukah aku tunjukan kepadamu satu surat yang diikuti oleh seribu malaikat ketika diturunkan,dan keagungannya memenuhi langit dan bumi?” sahabat menjawab!”Mau” Rosullullah SAW bersabda:”Surat ashhabuk kahfi. Barang siapa yang membacanya pada hari jum’at Allah akan mengampuni dosanya sampai jum’at berikutnya dan ditambah tiga hari, diberi cahaya yang mencapai ke langit, dan akan terjaga dari fitnah Dajjal”
Inilah alah satu amalan dimalam jum’at yang mampu menjadi penebus dosa-dosa kita, sayang sekali untuk dilewatkan.
Demikian artikel mengenai KEUTAMAAN DAN KEISTIMEWAAN MEMBACA  SURAT AL-KAHFI yang bisa saya sampaikan
semoga dinilai sebagai suatu ibadah oleh Allah SWT
aminn